Wednesday 19 February 2014

Manfaat-manfaat Menarik Nafas Panjang dan Dalam

Bernafas adalah tanda bahwa Anda masih hidup. Lebih dari itu, kebiasaan menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya kuat-kuat ternyata baik bagi kesehatan tubuh. Kegiatan tersebut memberi sejumlah besar pasokan oksigen dalam tubuh, memperluas paru-paru, serta juga membersihkan darah.

Jadi percayalah bahwa menarik nafas dalam-dalam tak hanya dilakukan oleh orang yang sedang kesal saja, sebab manfaat dari kegiatan itu lebih dahsyat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini antara lain manfaat dari menarik nafas dalam-dalam seperti dilansir oleh situs Boldsky:

  • Membantu melepaskan racun (detoks) dari dalam tubuh. Bila Anda bernafas pendek-pendek, maka organ tubuh lain yang akan bekerja keras melakukan proses detoks untuk Anda.
  • Mengurangi ketegangan. Stres di tempat kerja? Punya masalah dengan manajemen kemarahan? Tariklah nafas dalam-dalam dan buang kuat-kuat beberapa kali. Hal itu akan mengurangi ketegangan serta melemaskan otot Anda.
  • Produksi darah. Manfaat lain dari menarik nafas panjang adalah meningkatnya suplay oksigen dalam tubuh dan organ, sehingga meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah Anda. ini meningkatkan produksi darah yang akan menormalkan fungsi-fungsi tubuh.
  • Memperbaiki postur tubuh. Melakukan aktifitas di belakang meja sepanjang hari mempengaruhi postur tubuh seseorang. Dengan menarik nafas dalam-dalam, maka dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan posisi duduk yang benar.
  • Mencegah masalah pernafasan. Mengambil nafas panjang akan memperluas dan memperkuat paru-paru. Ini mencegah munculnya masalah pernafasan, dan meningkatkan kesehatan sistem pernafasan.

Menarik nafas panjang dan dalam tak hanya dilakukan saat Anda sedang berlatih yoga atau olahraga pernafasan saja. Lakukan setiap kali ada kesempatan dan kondisi udara sedang segar. Selamat mencoba.

sumber

No comments:

Post a Comment