Wednesday 16 September 2015

Inilah Manfaat-manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat-manfaat Cokelat Bagi Kesehatan
Anda menghindari makan cokelat, karena takut bertambah gemuk atau jerawatan? Kalau yang Anda santap cokelat hitam, tidak perlu khawatir. Menurut berbagai penelitian, cokelat ini justru bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Inilah 9 manfaat coklat buat kesehatan:

Menjaga Kesehatan Jantung
Banyak penelitian yang mengungkap, bahwa flavonoid dalam cokelat bisa membantu urat darah dan pembuluh nadi menjadi tetap elastis. Sekitar 7 studi mengikuti 114.000 peserta yang diberikan cokelat hitam beberapa kali dalam seminggu. Hasilnya, resiko terkena serangan jantung berkurang 37% dan stroke berkurang 29%, jika peserta studi mengkonsumsi cokelat lebih banyak.

Perbaiki Ingatan di Usia Lanjut
Penelitian menunjukkan, jika manula diberi ekstrak kakao khusus yang kaya akan flavanol, kemampuan kognitifnya akan mengalami peningkatan. Masalahnya, kadar flavanol sangat berkurang dalam proses pembuatan coklat, selain itu terdapat tambahan telur, gula dan susu.

Lebih Pintar Hitung-hitungan
Profesor David Kennedy dari Northumbria University (UK) melakukan studi, dengan peserta diberikan 500 mg flavanol dalam minuman cokelat panas. Mereka diuntungkan dengan meningkatnya stimulasi dalam otak dan lebih mampu menyelesaikan soal matematika yang rumit.

Tekanan Darah Jadi Lebih Rendah
Kandungan NO (nitrogen monoksida) yang sesuai dalam tubuh bisa membantu pembuluh nadi Anda merasa lebih rileks. Efeknya, tekanan darah akan menjadi lebih rendah. Flavanol cokelat hitam bisa membantu produksi nitrogen monoksida.

Kurangi Komplikasi Kehamilan
Salah satu komplikasi kehamilan adalah preeklampsia yang menyebabkan tekanan darah meningkat secara drastis. Peneliti menemukan, salah satu bahan kimia pada cokelat hitam, teobromin, bisa menstimulasi jantung dan membantu pembuluh nadi melebar. Jika perempuan hamil diberikan dosis cokelat lebih besar, resiko terkena komplikasi ini berkurang 40 persen.

Kurangi Rasa Lelah
Jika Anda menderita sindrom kelelahan kronis, sebaiknya Anda mulai makan cokelat. Sekelompok penderita penyakit ini diberi cokelat setiap hari selama dua bulan. Rasa lelah mereka berkurang dan berat badan mereka tidak bertambah.

Sembuhkan Batuk
Efek lain teobromin dalam cokelat adalah kemapuannya meredakan batuk yang mengganggu. Jadi semacam obat batuk yang lebih aman dan tidak mengandung kodein yang memiliki efek samping yang tidak diinginkan.

Perbaiki Daya Penglihatan
Peneliti University of Reading ingin mengetahui apakah flavanol cokelat hitam bisa memperbaiki penglihatan, karena zat ini diketahui memperbaiki sirkulasi darah. Mereka bereksperimen dengan dua kelompok peserta studi. Satu kelompok mendapat cokelat putih, kelompok lainny mendapat cokelat hitam. Hasilnya, dalam tes kemampuan melihat, kelompok yang menyantap cokelat hitam lebih unggul.

Bisa Kurangi Resiko Kanker
Kakao flavanol pada cokelat hitam bersifat anti peradangan dan antioksidan. Ini penting untuk meredam aksi radikal bebas, yang berupa protgonis saat kanker mulai menginvasi sel.

sumber

No comments:

Post a Comment