Monday 6 July 2015

Inilah Alasan Dilarang Merokok di Ruangan ber-AC

Inilah Alasan Dilarang Merokok di Ruangan ber-AC
Disetiap ruangan ber-AC selalu terdapat larangan untuk merokok dan merokok dapat meningkatkan polusi udara, ini dia alasan dilarang merokok di ruangan ber-AC. Pemerintah sudah membuat banyak sekali slogan dan peringatan bagaimana bahayanya merokok, selain berbahaya bagi perokok aktif tetapi juga lebih berbahaya bagi orang disekitarnya atau perokok pasif. Untuk mengurangi dampak negatif dari rokok ini, maka sudah banyak didirikan ruang khusus untuk merokok di beberapa tempat umum seperti perkantoran dan pada saat sekarang ini mayoritas ruangan menggunakan AC sebagai alat pendingin ruangan sehingga dapat megurangi jumlah isapan rokok karena sangat berbahaya jika merokok di ruangan ber-AC.

Perlu Diperhatikan, Ini Dia Alasan Dilarang Merokok di Ruangan ber-AC
Sebagian besar masyarakat belum tahu betul alasan dilarang merokok di ruangan ber-AC. Tidak jarang dari mereka yang masih mengindahkan larangan ini, padahal jika dibiarkan akan membawa dampak yang besar bagi kesehatan kita. Berikut beberapa penjelasan mengapa dilarang merokok di ruangan ber-AC.

1. Rokok mengandung bahan-bahan yang sangat berbahaya, diantaranya adalah:
Tar yang memiliki kandungan kimia beracun dan dapat merusak sel paru-paru sehingga menyebabkan kanker

Karbon Monoksida merupakan gas beracun yang dapat menghambat kemampuan darah dalam mengangkut oksigen

Nikotin merupakan zat kimia perangsang yang mengakibatkan kecanduan dan dapat merusak jantung serta menghambat sirkulasi darah

2. Asap rokok dalam ruangan ber-AC tidak dapat keluar karena ruangan selalu dalam keadaan tertutup.

3. AC mengandung gas Freon yang dapat bereaksi dengan suhu yang panas dan menghasilkan gas beracun

4. Dalam ruangan ber-AC asap rokok akan menempel pada udara yang mengandung titik-titik embun yang nantinya menjadi udara kotor yang mengandung zat berbahaya. Sehingga akan membawa pengaruh yang lebih besar karena udara yang telah terkontaminasi oleh asap rokok akan kita hirup kembali.

Itulah penjelasan tentang bahaya merokok di ruang ber-AC. Tidak hanya diruangan ber-AC saja, bahaya rokok juga dapat terjadi di ruangan terbuka. Bahaya yang paling besar adalah berpengaruh pada perokok pasif yaitu orang yang berada di sekitar perokok. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang di akibatkan oleh asap rokok:

1. Iritasi mata
2. Sesak nafas
3. Batuk
4. Sakit pada tenggorokan
5. Pusing atau sakit kepala
6. Pada anak-anak dapat mengakibatkan kecacatan seperti cacat mental, mengalami keterlambatan pertumbuhan, rentan terhadap penyakit, dan perkembangan otak terganggu.
7. Bagi ibu hamil dapat meracuni janin melalui peredaran darah dan nikotin dalam rokok dapat mempercepat denyut jantung janin, serta zat karbon monoksida dapat mengurangi jumlah oksigen yang harus di terima janin dalam kandungan.

Larangan merokok di ruangan ber-AC bukan sekedar hiasan dinding belaka. Dampak nyata merokok di ruangan ber-AC sebabkan kematian karena berbagai penyakit yang ditimbulkannya. Maka dari itu, mulailah untuk mengurangi kegiatan merokok. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi ketergantungan rokok:

1. Melakukan kegiatan positif seperti berenang, bersepeda, berolahraga, dll.
2. Tingkatkan konsumsi air putih dari biasanya karena minum banyak air putih dapat mengeluarkan zat-zat racun dalam tubuh
3. Menyibukkan diri setelah makan
4. Mengganti rokok dengan barang lain seperti permen
5. Tambahkan waktu istirahat dan waktu tidur anda
6. Menekadkan niat untuk berhenti merokok dari sekarang
7. Meminta bantuan orang terdekat untuk mengingatkan untuk menghindari rokok.

Itulah beberapa penjelasan tentang bahaya rokok dan ini dia alasan dilarang merokok di ruangan ber-AC yang dapat menambah pengetahuan anda seputar rokok.

sumber

No comments:

Post a Comment