Monday 25 May 2015

Manfaat-manfaat Daun Kemangi

Manfaat-manfaat Daun Kemangi

Indonesia memang memiliki potensial yang sangat baik terutama untuk hasil buminya. Tanah yang subur dan iklim tropis membuat apa saja bisa tumbuh di indonesia. bahkan saking banyaknya tanaman yang tumbuh di indonesia tidak sdikit orang menjadikan tanaman sebagai bahan pangan.

Kemangi salah satu jenis tanaman yang memiliki aroma khas yang harum ini memiliki khasiat yang tidak bisa dianggap enteng. Walaujpun demikian ternyata daun ini sudah lama dikonsumsi oleh masyarakat indonesia khususnya untuk dijadikan sebagai bahan panganan.

Kemangi memiliki tampilan layaknya rumput liar. Tanaman dengan nama latin Ocimum basilicum memiliki senyawa yang sangat bagus untuk mengatasi masalah kesehatan. Untuk kandungannya sendiri diantaranya terdapat anetol, apigenin, rutin, tannin, magnesium, faenesol, histidin, stigamterol dan masih banyak lagi. Bagian yang sering dikonsumsi adalah daun dan batangnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai lmanfaat daun kemangi mari simak artikel ini baik-baik.

Menghasilkan kolagen
Daun kemangi atau Ocimum basilicum memiliki kandungan nutrisi vitamin C dan asam askorbat. Dimana zat ini berfungsi untuk merangsang pembentukan kolagen.

Kolagen sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh terlebih untuk kulit karena kolagen dapat memberikan keelastisan pada kulit selain itu juga kolagen membantu proses penyembuhan luka pada kulit. Siapa yang tidak mau memiliki kulit yang sehat serta elastis. Terlebih jika kulit kita dalam keadaan sehat.

Menjaga sistem kekebalan tubuh.
Kandungan vitamin C dalam kemangi sangat berguna dan dibutuhkan sekali oleh tubuh. Karena vitamin C dapat membantu proses penyerapan kalsium dan zat besi. Dua zat ini merupakan komponen penting dalam pembentukan sistem anto oksidan nantinya.

Walaupun kemangi memiliki tampilan seperti rumput ternyata manfaat kemangin tidak bisa kita remehkan. Kembali ke topik, jadi dengan mengkonsumsi pakanan seperti ini tanpa kita sadari pula kesehatan kita akan lebih terjaga ketimbang kita memakan makanan junk food atau fast food.

Membantu pertumbuhan tulang
Tidak hanya vitamin C saja yang banyak terdapat pada daun kemangi. Namun kandungan zat fospor juga tidak kalah ketinggalan. Fospor ini berfungsi sebagai zat yang membantu proses perkembangan dan pertumbuhan tulang. Selain itu magnesium dalam daun kemangi akan membantu dalam hal merelaksasikan jantung dan pembuluh darah.

Dimana hal ini merupakan komonen utama atau jalur utama untuk mendistribusikan berbagai nutrisi yang telah diserap oleh tubuh dari makanan keseluruh jaringan atau organ tubuh. Memiliki tulang yang sehat dan kuat tentu dapat memberikan kita kemudahan dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

Membantu menjaga kesehatan pada organ intim wanita
Kandungan senyawa yang terdapat pada daun kemangi yang bernama eugenol ini memiliki fungsi yang sangat bagus terhadap pencegahan perkembangbiakan jamur penyebab keputihan. Stigmaterol akan membantu pembentukan sel terul dan merangsang proses ovulasi pada wanita.

Ditambah dengan kandugnan flavonoid dalam daun kemangi akan menjadi anti biotic dan anti peradangan yang baik baik anda. maka dari itu mulailah hidup dengan pola yang sehat dan pastikan setiap makanan yang anda konsumsi tidak hanya memberikan efek kenyang namun juga pikirkanlah nutrisi yang bisa anda dapatkan makanan tersebut.

Menjaga tubuh dari berbagai macam serangan mikroba
Tidak berhenti disitu, daun kemangi juga memiliki kandungan zat yang bernama minyak atsiri. Minyak ini berfungsi sebagai penghambat dari tingkat pertumbuhan berbagai macam mikroba yang hidup pada tubuh anda terlebih itu mikroba jahat yang merugikan.

Minyak atsiri ini sangan peka terhadap mikroba terutama pada salmonella enteritidis yang merupakan salah satu penyebab masalah pada sistem pencernaan.

No comments:

Post a Comment