Thursday 12 June 2014

Efek Samping Negatif jika Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C


Vitamin C adalah jenis vitamin yang diklaim baik bagi kecantikan kulit, juga kesehatan tubuh. Terdapat 8 reaksi enzimatik yang dihasilkan oleh vitamin C, yang berguna sebagai pencegah oksidasi, memelihara kesehatan rongga gigi, kulit, metabolisme, serta berguna untuk zat adiktif makanan.

Akan tetapi tentu saja ada efek samping negatif juga yang bisa ditimbulkan jika Anda salah atau berlebihan dalam konsumsi vitamin C tersebut. Apa saja kemungkinan efek samping dari vitamin C? Boldsky melansirnya seperti berikut ini:

Diare

Diare dapat terjadi jika Anda mengonsumsi vitamin C secara berlebihan. Ini dialami oleh mereka yang pencernaannya tidak terlalu tahan dengan zat asam berlebihan.

Sakit pinggang bawah

Kebanyakan minum vitamin C juga menimbulkan rasa sakit di pinggang serta punggung. Tingkatnya bisa berbeda-beda, namun jika Anda merasakannya, perbanyak minum air putih dan kurangi asupan vitamin C Anda.

Pusing

Sakit kepala atau pusing juga salah satu efek samping negatif dari konsumsi vitamin yang banyak terdapat di jeruk ini. Atasi dengan banyak minum air dan istirahat.

Mual

Efek zat asam dari vitamin C juga bisa menimbulkan mual serta muntah. Ini jika Anda berlebih dalam dosis minum vitamin C.

Sakit di kandung kemih

Pernahkan Anda merasakan sakit saat hendak kencing atau sakit di kandung kemih Anda? hal tersebut bisa jadi juga salah satu efek samping konsumsi vitamin C berlebihan.

Nah, vitamin C memang baik namun jika diminum berlebihan dosisnya akan berbahaya juga.

sumber

No comments:

Post a Comment