Tuesday 6 May 2014

Membaca Bisa Bikin Sehat dan Hindarkan Insomnia

Membaca Bisa Bikin Sehat dan Hindarkan Insomnia
Membaca buku dapat membuka mata pengetahuan Anda terhadap banyak hal, itu pasti tak ada yang meragukan. Namun jika membaca juga membawa dampak kesehatan untuk Anda, termasuk menghindarkan dari insomnia, ini hal positif lain yang pastinya menguntungkan sekali.

Laman Daily Health Post melansir manfaat membaca bagi kesehatan Anda seperti berikut ini, sebagai motivasi bagi Anda untuk makin menyukai kegiatan tersebut:

Mengurangi stres
Ini berdasar studi yang dipublikasi oleh The Journal of Psychosomatic Research pada tahun 1992, bahwa dengan membaca maka tingkat stres seseorang bisa dikurangi. Jenis bacaan yang santai bisa membantu Anda untuk lebih santai dan melupakan permasalahan yang berat. Selain membaca, olahraga dan Tai Chi juga efektif menurunkan stres.

Melatih daya ingat
Sebuah studi dalam Jurnal Neurology menunjukkan bahwa kegiatan membaca bisa menurunkan resiko kepikunan yang dialami seseorang. Selain itu, kemampuan kognitif orang yang gemar membaca akan lebih baik ketimbang yang tidak. Resiko pikun akan menurun hingga 30 persen jika seseorang memiliki rutinitas membaca.

Mencegah alzheimer
Alzheimer dapat dicegah dengan cara banyak menggunakan otak dan melatih kemampuan kognitifnya. Cara melatih otak bisa dengan membaca, atau bermain catur. National Academy of Sciences yang mempublikasi mengenai hal ini.

Insomnia menjauh
Membaca sebelum tidur bisa membantu Anda terhindar dari insomnia, dan membuat Anda lebih lelap. Coba lihat betapa membaca bisa jadi obat tidur yang mujarab, serta membuat pikiran jadi lebih tenang. Tentu Anda bisa memilih jenis bacaan yang tepat bagi kebutuhan Anda.

sumber

No comments:

Post a Comment