Monday 3 February 2014

Tips Menebak Kesegaran Ikan

UNTUK menilai kesegaran ikan, Anda bisa melihat penampakannya secara fisik. Beberapa bagian menjadi penanda bahwa ikan atau seafood masih segar.

Pepatah mengatakan bahwa kecantikan tidak hanya meliputi kulit luar. Namun, kita tentu tidak mengelak bila bertemu seseorang maka keindahan luarnya yang lebih dulu dilihat; kulit, mata, aroma tubuh, dan penampilannya secara keseluruhan. Singkatnya, kita melihat cara mereka menampilkan diri ke dunia luar.

Dan, hal-hal yang tidak berbeda terjadi di pasar ikan. Kenali kesegaran bahan makanan laut lewat penampilan luarnya. Secara khusus, pastikan Anda memeriksa kulit dan matanya. Bahkan, sentuhan kulit memberikan petunjuk penting tentang apakah pilihan Anda sudah tepat.

Berikut lima panduannya untuk Anda, seperti dikutip dari Thedailymeal:


Mata
Mata adalah jendela kesegaran ikan. Lihat apakah mata ikan jernih dan cerah. Ikan dengan mata berselaput tebal merupakan indikasi sudah tidak layak konsumsi. Ikan segar harus memiliki mata melotot. Mata cekung mengungkapkan ikan dehidrasi, yang berarti menghabiskan lebih banyak waktu di atas es daripada di air sebelum Anda melakukan pembelian.

Bau
Anda tentu tidak ingin merusak hidangan karena ikan berbau amis tajam. Jika Anda mencium bau tidak sedap yang intens, maka ikan sudah tidak segar. Ikan yang benar-benar segar harus berbau air laut dan memiliki aroma yang hampir asin.

Kulit
Perubahan warna kulit tidak menjadikan ikan terlihat menarik. Pastikan kesegaran ikan dengan warna kulit yang kemilau dan sehat. Tekanlah bagian tubuh ikan, jika tidak kembali lagi ke tempat awal Anda menekannya, sebaiknya Anda tidak membeli ikan tersebut. Sebaliknya, kalau teksturnya kenyal, ikan tersebut layak Anda konsumsi.

Seafood hidup
Anda harus mencari seafood hidup yang bergerak dengan lincah, bukan seperti sedang merajuk, seperti lobster, kepiting, dan ikan. Anda tentu tidak ingin membeli jenis seafood hidup yang terlihat tak bernyawa. Kemungkinan besar, seafood itu telah ada selama berminggu-minggu. Bila dimasak, seafood ini akan menghasilkan tampilan tidak menarik.

Insang
Seekor ikan yang benar-benar segar harus memiliki insang berwarna merah cerah, bukan cokelat.

No comments:

Post a Comment