Thursday 7 November 2013

5 Tahun Baru di Indonesia

Tahun baru adalah suatu perayaan dimana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Tahun baru di Indonesia jatuh pada tanggal 1 Januari, karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian sama seperti mayoritas Negara – Negara di dunia. Kalender Gregorian merupakan modifikasi kalender Julian. Yang pertama kali mengusulkannya adalah doctor Aloysius lilius dari Napoli, Italia dan disetujui oleh Paus Gregorius XIII pada 24 Februari 1582. Penanggalan tahun kalender ini, berdasarkan tahun masehi.

1. Tahun Baru Muharram
Kalender Hijriyah atau Kalender Islam adalah kalender yang digunakan oleh umat islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari – hari penting lainnya. Di kebanyakan Negara – Negara yang berpeduduk mayoritas islam, kalender hijriyah juga digunakan sebagai system penanggalan sehari – hari. Kelender hijriyah menggunakan system kalender lunar (Komariyah).

2. Kalender Jawa
Sebuah kalender yang merupakan perpaduan antara budaya islam dengan budaya hindu-budha jawa dan bahkan juga sedikit budaya barat. Dalam system kalender jawa, siklus hari yang dipakai ada dua: siklus mingguan yang terdiri 7 hari seperti yang kita kenal sekarang, dan siklus pecan pancawara yang terdiri dari 5 hari pasaran. Pada tahun 1625 Masehi, Sultan Agung yang berusaha keras menyebarkan agama islam di pulau jawa dalam kerangka Negara mataram mengeluarkan dekrit untuk mengubah penanggalan saka. Sejak saat itu kalender jawa versi mataram menggunakan system kalender komariah atau lunar, namun tidak menggunakan angka dari tahun hijriah (saat itu yang adalah tahun 1547 saka, diteruskan menjadi tahun 1547 Jawa.

3. Imlek atau Kalender Tionghoa
Imlek atau kelender Tionghoa adalah kalender lunisolar yang dibentuk dengan menggunakan kalender bulan dengan kalender matahari. Tahun baru imlek jatuh pada malam bulan baru pada musim dingin (antara akhir Januari hingga awal Februari).
Kalender Tionghoa memiliki aturan yang sedikit berbeda dengan kalender umum, seperti: perhitungan bulan adalah rotasi bulan pada bumi. Berarti setiap bulan dimulai pada tengah malam hari bulan muda astronomi. Satu tahun ada 12 bulan, tetapi setiap 2 atau 3 tahun sekali terdapat bulan ganda. berselang satu kali musim tahun matahari Cina adalah setara dengan satu pemulaan matahari ke dalam tanda zodiac tropis. Matahari selalu melewati titik balik matahari musim dingin selama bulan 11.

4. Tahun Baru Saka
Kalender Saka adalah sebuah kalender yang berasal dari India. Kalender ini merupakan sebuah penanggalan syamsiah-komariah (candra-surya) atau kalender lunisolar. Berhubung bulan – bulan dalam kalender saka hanya terdiri dari 30 hari, maka tahun baru harus sisesuaikan setipa tahunnya untuk mengiringi daur perputaran matahari. Kalender saka berawal pada tahun 78 Masehi dan uga disebut sebagai penanggalan saliwahana yang adalah seorang raja ternama dari India bagian selatan, mengalahkan kaum saka. Tetapi sumber lain menyebutkan bahwa mereka dikalahkan oleh wikramaditya. Wikramaditya adalah seorang musuh atau saingan saliwahana, beliau berasal dari India bagian Utara.

5. Tahun Baru Masehi
Tahun baru pertama kali di rayakan pada tgl:1 januari 45 sebelum masehi tidak lama stelah julius caesar dinobatkan sbg kaisar Roma.ia memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang tlh di ciptakan sejak abad ke 7 SM. "dalam mendasain kalender baru ini Julius Caesar di bantu oleh Sosigenes,seorang ahli astronomi dari Iskandariah yg menyarankan agar penanggalan baru itu dibuat dengan mengikuti Revolusi matahari.sbagaimana yang dilakukan orang2 mesir 1 tahun dalam penanggalan baru itu dihitung sebanyak:365 seperempat hari.dan Caesar menambahkan 67 hari pada thn 45 SM. Sehingga thn 46 SM Dimulai pada 1 januari,Caesar juga memerintahkan agar stiap 4 thn satu hari di tambahkan kepada bln februari yang secara teoritis bisa menghindari penyimpangan dlm kalender baru ini. "Tidak lama sebelum Caesar terbunuh di thn 44 Sm.dia mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya yaitu:JULIUS atau JULI.kemudian bln Sextilis di ganti dengan nama pengganti julius caesar.kaisar AUGUSTUS.MENJADI BLN AGUSTUS.


Sumber 

No comments:

Post a Comment