Tuesday 19 February 2013

Hari Ini Google Rayakan Ulang Tahun Copernicus


Satu lagi ilmuwan yang hari ulang tahunnya dirayakan oleh Google. Hari ini, raksasa internet itu merayakan hari lahir seorang ilmuwan besar bernama Nicolaus Copernicus melalui tampilan doodle.

Jika Anda mengakses Google hari ini, Selasa, 19 Februari 2013, maka akan terlihat animasi berupa beberapa planet yang berputar mengelilingi Matahari di tampilan doodle laman mesin pencari raksasa tersebut.

Animasi di Google Doodle ini merupakan gambaran dari teori Heliosentrisme Tata Surya yang dicetuskan oleh Nicolaus Copernicus.

Ya, hari ini adalah tepat 540 tahun perayaan kelahiran Copernicus. Ilmuwan asal Polandia ini dilahirkan di kota Torun, Polandia pada 19 Februari 1473. Semasa hidupnya, Copernicus dikenal sebagai seorang astronom, matematikawan dan juga ekonom.

Teorinya tentang Matahari sebagai pusat Tata Surya, yang berhasil menjungkirbalikkan teori geosentris tradisional (yang menempatkan Bumi di pusat alam semesta, dianggap sebagai salah satu penemuan yang terpenting sepanjang masa, dan merupakan titik mula fundamental bagi astronomi modern dan sains modern.

Pada awalnya teori Heliosentrisme dari Copernicus ini menuai kontroversi. Teori ini bertentangan dengan ajaran filsuf terpandang Aristoteles, dan tidak sejalan dengan kesimpulan matematikawan Yunani, Ptolemeus.

Teori Copernicus menyangkal apa yang dianggap sebagai 'fakta' oleh Aristoteles dan Ptolemeus bahwa Matahari terbit di timur dan bergerak melintasi angkasa untuk terbenam di barat, sedangkan Bumi tetap tidak bergerak.

Namun, seiring perkembangan ilmu pengetahuan, teori Copernicus ini telah merevolusionerkan konsep tentang angkasa luar dan sekaligus merombak pandangan filosofis manusia terhadap ilmu astronomi.

Nicolaus Copernicus meninggal di kota Frombork, Polandia pada 24 Mei 1543 dalam usia 70 tahun. Dewasa ini, Copernicus disanjung oleh banyak orang sebagai Bapak Astronomi Modern.

sumber

No comments:

Post a Comment