Thursday 8 October 2015

Bahayakah Membunyikan Sendi Jari ?

Bahayakah Membunyikan Sendi Jari ?
Sehabis bangun dari tidur, kadang Anda suka menggertakkan jari bukan?
Bahkan ada yang dapat menggertakkan jari pada berbagai sendi tangan dan kaki.
Menggertakkan jari menjadi sebuah kebiasaan rutin yang kerap kali dilakukan. Gertakkan ini juga dapat menimbulkan suara yang begitu besar.

Namun apakah menggertakkan jari itu berbahaya? Mari kita telusuri tentang kebiasaan yang sangat umum kita temui ini.

Mengapa Jari Dapat Menimbulkan Bunyi Saat Diregangkan?
Penyebab terjadinya bunyi dan perasaan lega setelah menggertakkan jari masih belum diketahui secara pasti. Ada yang menyatakan bahwa proses ini disebabkan karena tekanan negatif pada sendi dan menyebabkan penghisapan gas nitrogen.

Kemudian, apakah dapat berbahaya untuk kesehatan jari?

Membunyikan Sendi Jari, Bahayakah?
Berdasarkan data kesehatan yang tersedia, sampai sekarang belum dijumpai bahaya jangka panjang dari menggertakkan jari. Namun perlu diingat bahwa menggertakkan jari juga tidaklah mendatangkan keuntungan.

Walau bahaya jangka panjang dari kebiasaan ini masih belum terdokumentasi, namun terdapat beberapa keadaan dimana seorang melukai dirinya dengan melakukan gertakan jari.

Menggertakkan jari dapat menyebabkan peregangan berlebihan dari ligamen, dan ada juga yang sampai mengalami robekan pada ligamen jari jempol.

Bahaya lain yang ddiduga berkaitan dengan menggertakkan tangan adalah terjadinya arthritis atau peradangan sendi. Apakah benar demikian?

Berdasarkan beberapa penelitian kecil yang dilakukan, belum ditemukan hubungan yang kuat antara menggertakkan tangan dengan kejadian arthritis.

Membunyikan Sendi Jari, Bahayakah?
Membunyikan Sendi Jari, Bahayakah?Walaupun menggertakaan jari jarang menyebabkan cedera sendi yang berbahaya, Anda harus memperhatikan berbagai tanda kelainan sendi yang memerlukan perhatian khusus.

Perhatikan apakah terdapat:

  • perasaan nyeri
  • kekakuan sendi atau
  • panas pada sendi.

Selain itu perhatikan apakah terdapat pembengkakan pada sendi. Jika Anda menemukan tanda tersebut, maka kunjungilah dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut

Membunyikan Sendi Jari, Bahayakah?
Kebiasaan ini dapat dikurangi dengan berbagai cara. Cara yang dapat dicoba adalah:

  • Fokus pada kegiatan positif. Isilah hari Anda dengan kegiatan yang produktif, khususnya yang meggunakan tangan. Dengan demikian maka Anda fokus dengan kegiatan Anda dan mengurangi pikiran untuk menggertakkan tangan.
  • Sistem ‘Reward and Punishment’. Jadi cobalah pasang target, misalkan tidak menggertakkan jari selama 24 jam. Jika target tersebut tercapai, maka Anda dapat mendapatkan hadiah tertentu. Sebaliknya, jika target ini dilanggar, berikan hukuman terhadap diri Anda.
  • Cari sumber kecemasan. Kebiasaan ini juga berkaitan dengan kecemasan. Jadi carilah sumber kecemasan Anda dan carilah solusi terhadap cemas yang Anda rasakan.


sumber

No comments:

Post a Comment