Tuesday 7 July 2015

9 Fase Perjalanan Manusia Setelah Hari Kiamat

9 Fase Perjalanan Manusia Setelah Hari Kiamat
Hari kiamat sudah dapat dipastikan akan terjadi dan perjalanan manusia setelah hari kiamat nanti masih akan panjang dengan melalui beberapa tahapan. Datangnya hari akhir merupakan suatu ketetapan Allah yang telah di tuliskan dalam Al-Qur’an. Manusia dapat mempelajari dan mengetahui tanda-tanda akan terjadinya hari kiamat melalui kitab yang telah diturunkan oleh Allah. Berikut tanda-tanda akan datangnya hari kiamat:

1. Matahari terbit dari sebelah barat
2. Munculnya binatang yang bisa berbicara
3. Keluarnya Imam Mahdi yang menundukkan seluruh jagat raya
4. Keluarnya Dajjal yang merayu manusia untuk mendustakan agama
5. Turunnya Nabi Isa AS untuk menghakimi umatnya dan menghancurkan semua salib
6. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj
7. Datangnya asap yang menutupi umat manusia
8. Rusaknya Ka’bah karena dihancurkan oleh laki-laki dari Habsy
9. Hilangnya Al-Qur’an dari mushab dan tidak ada seorang pun yang melafalkannya
10. Seluruh manusia tidak beriman kepada Allah dan mereka menjadi kafir

Fase Perjalanan Manusia Setelah Hari Kiamat 
Perjalanan manusia setelah mati tidaklah singkat. Manusia akan melalui beberapa fase untuk menuju akhirat. Berikut tahapannya:

1. Alam Barzakh
Alam Barzakh merupakan alam kubur dan biasanya alam ini disebut juga sebagai alam penantian karena dalam fase ini manusia menantikan datangnya hari kebangkitan mereka. Di alam ini manusia akan menerima semua ganjaran atas perbuatan mereka selama di dunia. Ada beberapa golongan orang yang akan menerima siksa kubur, diantaranya adalah:

- Orang yang melakukan zina
- Suka mengadu domba sesamanya
- Suka melakukan kebohongan kepada orang lain
- Memakan uang riba
- Orang yang masih mempunyai hutang sebelum meninggal
- Membaca Al-Qur’an tetapi tidak mengamalkannya
- Tidak membersihkan diri setelah buang air sehingga masih najis

Perbuatan yang dapat menolong kita dari siksa kubur adalah sholat, zakat, puasa, perbuatan yang baik, menyambung tali silaturrahmi, berbuat baik kepada orang lain.

2. Ditiupnya sangkakala
Ketika sangkakala ditiup, maka pada hari itu adalah terjadinya hari kiamat. Sangkakala adalah terompet yang ditiup oleh malaikat Israfil sebagai tanda kiamat telah datang. Tiupan pertama akan memusnahkan seluruh manusia dan alam seisinya, sedangkan tiupan kedua adalah tiupan untuk membangkitkan seluruh manusia dari alam Barzakh.

3. Hari kebangkitan seluruh manusia
Peristiwa setelah hari kiamat adalah kebangkitan seluruh manusia dari kubur. Dalam kebangkitannya diberitakan tentang seluruh amal perbuatannya ketika di dunia.

4. Padang Mahsyar 
Fase selanjutnya adalah dikumpulkannya seluruh manusia di padang Mahsyar untuk dihisab atau dihitung semua amal perbuatan yang telah dilakukannya. Sehari di tempat ini sama dengan 5.000 tahun lamanya di dunia.

5. Syafa’at dari Rosulullah
Syafa’at hanya di berikan kepada orang-orang yang beriman kepada Allah dan tidak pernah melakukan perbuatan syirik atau menyekutukan Allah dengan lainnya.

6. Hisab
Hisab adalah proses penghitungan semua amal perbuatan manusia dan seluruh anggota badan akan menjadi saksinya.

7. Mizan
Setelah semua amal perbuatan manusia di hitung maka selanjutnya adalah proses penimbangan. Sehingga akan terlihat lebih banyak manakah perbuatan baik atau perbuatan buruk yang telah dilakukan manusia. Orang kafir dan orang syirik otomatis akan masuk neraka.

8. Telaga
Kehidupan setelah hari kiamat selanjutnya adalah meminum air dari telaga. Barang siapa yang minum maka tidak akan haus selamanya.

9. Shirat
Shirat merupakan jembatan yang harus dilewati oleh manusia untuk menuju surga. Jembatan ini di bentangkan di atas neraka jahannam. Bagi orang mukmin yang mampu melewati jembatan ini maka mereka akan masuk surge.

Itulah perjalanan manusia setelah hari kiamat, mulai dari pembangkitan manusia sampai dengan jembatan shirat.

sumber

No comments:

Post a Comment