Wednesday 10 June 2015

Mengapa Jari Tangan Keriput Saat Basah ?

Mengapa Jari Tangan Keriput Saat Basah

Mungkin Anda masih bingung mengapa saat Anda mandi atau berendam terlalu lama di dalam air, jari-jari tangan dan juga kaki akan keriput dan kelihatan jelek. Hal tersebut sebenarnya merupakan sesuatu yang normal dan orang pasti mengalaminya, tetapi ada juga orang yang heran dan takut bahwa itu gejala suatu penyakit. Sebenarnya itu tidak benar, mari kita bahas hal ini lebih lanjut.

Ternyata Hal Ini Penyebab Jari Tangan Keriput Saat Basah
Banyak orang yang salah mengira mengapa jari tangan dan jari kaki keriput saat basah. Beberapa orang berkata bahwa kulit tangan dan kaki kita membengkak karena menyerap air dan karena menyerap air itulah maka kulit menjadi keriput. Orang lain juga memiliki alasan lain, mereka percaya bahwa kulit jari tangan dan juga kaki menjadi keriput karena “osmosis”. Tetapi semua alasan tersebut ternyata tidak benar, karena jika jari-jari tangan dan kaki keriput karena “osmosis”, maka bagian tubuh lain juga seharusnya mengalami osmosis dan tidak hanya bagian jari saja.

Sekarang yang jadi pertanyaan utama mengenai penyebab jari tangan keriput saat basah adalah respon dari saraf simpatik. Dan rupa-rupanya jika sistem saraf simpatik ini dipotong, maka kulit jari tangan dan jari kaki kita tidak akan bisa keriput lagi walaupun anda berlama-lama di dalam air atau terkena air. Hal inilah yang menyebabkan mengapa kulit jari tangan dan kaki bisa keriput, sistem saraf simpatik ini sebetulnya merupakan salah satu bagian dari sistem saraf pusat yang bertugas atas respon dalam tubuh kita. Selain itu, sistem saraf simpatik ini juga bertanggung jawab sebagai pengontrol sejumlah fungsi yang ada di dalam tubuh seperti tekanan darah dan denyut jantung.

Bagaimana Sistem Saraf Simpatik Bekerja Saat Jari-jari Tangan dan Kaki Terkena Air?
Setelah kita tahu apa penyebab jari tangan keriput saat basah begitu juga dengan jari kaki, maka kita harus paham bagaimana cara kerja sistem saraf simpatik. Saat tangan dan kaki kita berada di dalam air atau terkena air terlalu lama, hal ini akan membuat pembuluh darah tepi menegang Mengapa? Sebab sistem saraf simpatik tadi mengalihkan darah ke pusat tubuh serta ke organ dan otot-otot utama. Ketika sistem ini diaktifkan, pembuluh darah yang ada di jari tangan dan jari kaki tersebut akan menyempit sehingga menyebabkan aliran darah akan sulit untuk mengalir ke jari tangan dan kaki.

Jika volume darah yang ada di jaringan lunak jari tangan dan kaki berkurang, maka kulit jari tangan dan jari kaki akan tertarik dan membentuk lipatan-lipatan, inilah yang kita sebut dengan keriput! Jangan khawatir akan hal ini, karena keriput itu tidak permanen dan akan hilang setelah beberapa menit kita keluar dari dalam air atau tangan dan kaki sudah tidak terkena air lagi.

Jari Tangan Keriput Ada Manfaatnya Juga, Loh!
Sebuah penelitian dari Mark Changizi, beliau adalah seorang ahli neurobiologi yang berteori bahwa ketika kulit jari tangan berkeriput ketika terkena air, maka kita akan lebih mudah menggenggam benda-benda yang basah ataupun benda yang terendam dalam air. Selain itu, keriput di jari kaki, misal saat kita berenang akan membantu kita untuk mudah berjalan di dalam air karena membuat pijakan lebih baik saat terendam di dalam air.

sumber

No comments:

Post a Comment