Tuesday 16 June 2015

Inilah Manfaat Dari Perintah Nabi Agar Memelihara Jenggot

Inilah Manfaat Dari Perintah Nabi Agar Memelihara Jenggot
Saat ini Anda mungkin sudah jarang melihat orang yang memelihara jenggot. Beberapa orang merasa bahwa memelihara jenggot membuat penampilan terlihat tidak rapi, karena itulah banyak orang yang memilih untuk mencukur jenggotnya. Namun sebenarnya ada perintah nabi agar memelihara jenggot yang tertulis dalam beberapa hadits dalam Al-Quran. Ternyata memelihara jenggot tidak seburuk kelihatannya, bahkan untuk memelihara jenggot sangatlah dianjurkan. Jenggot tersebut akan tumbuh di sekitar pipi dan juga dagu yang juga ada dibawahnya namun berbeda dengan kumis. Inilah rambut di wajah yang lebih baik dipelihara menurut Al-Quran, mari kita melihat lebih lanjut tentang perintah ini.

Rasulullah yang juga Memelihara Jenggot Selama Hidupnya
Kita bisa mengetahui dari beberapa kisah dalam Al-Quran yang dikisahkan oleh Anas pembantu beliau saat menggambarkan perawakan beliau. Anas juga menyatakan bahwa saat Rasulullah meninggal hanya ada sekitar 20 helai dari rambut di kepala maupun yang terdapat di jenggotnya yang telah berwarna putih. Dari kisah ini dapat kita simpulkan bahwa perintah nabi agar memelihara jenggot sudah terlebih dahulu dilaksanakan oleh beliau dengan memelihara jenggot sendiri. Dengan demikian kita juga tidak perlu malu untuk memelihara jenggot tersebut untuk mengikuti teladan dari Rasulullah yang juga sudah memelihara jenggot sebelumnya. Anda juga tidak perlu lagi merasa malu jika memang ingin memelihara jenggot.

Beberapa Hadits dalam Al-Quran yang Menjelaskan Perintah Nabi
Kita bisa melihat dari Ibnu Umar yang menyatakan bahwa Anda boleh memotong kumis menjadi pendek tetapi untuk jenggot akan lebih baik untuk memeliharanya. Selain itu dinyatakan pula bahwa untuk memelihara jenggot dan untuk memotong pendek kumis memiliki manfaat khusus yaitu agar Anda terlihat berbeda bila dibandingkan dengan orang-orang dari golongan musyrik. Selain itu dalam hadits tersebut juga dinyatakan perintah nabi agar memelihara jenggot serta memotong kumis menjadi pendek dengan sangat jelas. Bahkan ada hadits yang menyatakan bahwa lebih baik untuk mencukur kumis menjadi habis.

Selain itu Abu Hurairoh juga menyatakan bahwa Rasulullah memerintahkan untuk memelihara jenggot namun juga memerintahkan untuk memotong kumis menjadi pendek agar Anda terlihat berbeda bila dibandingkan dengan orang-orang dari golongan Majusi. Bisa dilihat bahwa ada sekitar 5 sampai 6 hadits yang kesemuanya menyatakan hal yang sama. Selain itu ada juga sunnah fithroh yang berisi perintah nabi agar memelihara jenggot tersebut dimana sudah juga dikatakan satu dari antara kesepuluh sunnah fithroh yang menyatakan bahwa Anda harus memelihara jenggot serta memotong kumis sampai pendek. Kita melihat bahwa banyak pula hukum lain yang menyatakan hal sama mengenai memelihara jenggot.

Penelitian Mengenai Manfaat dari Memelihara Jenggot
Ternyata perintah nabi agar memelihara jenggot tersebut sudah banyak dilakukan penelitan yang menguak manfaatnya.

1. Perlindungan dari UV: ternyata memelihara jenggot dapat melindungi kulit wajah Anda dari sinar UV yang berasal dari matahari.

2. Menghindari dari infeksi: mungkin Anda sudah tahu bahwa saat mencukur terkadang bisa terjadi iritasi kulit atau lebih parah terdapat goresan yang bisa infeksi dari adanya bakteri di kulit.

3. Penampilan yang lebih maskulin: pria yang memelihara jenggot akan lebih terlihat maskulin karena itu beberapa wanita suka dengan pria berjenggot.

4. Mencegah penyakit: dengan adanya jenggot disekitar wajah maka dapat menjadi filter alami dari udara yang dihirup sehingga dapat mencegah penyakit asma selain itu juga dapat mencegah Anda dari flu dengan menghangatkan wajah.

sumber

No comments:

Post a Comment