Tuesday 28 October 2014

Manfaat Potong Kuku Bagi Kesehatan

Manfaat Potong Kuku Bagi Kesehatan

Kuku adalah anggota tubuh yang berpotensi menyimpan banyak kuman dan kotoran, sebab terletak di ujung jari tangan dan kaki. Jika Anda termasuk orang yang jarang ingat untuk merawat kuku dengan rutin memotong dan membersihkannya, maka ada baiknya informasi di bawah ini Anda simak.

Memotong kuku dapat membantu mencegah terjadinya penularan beberapa penyakit, selain juga untuk keindahan jemari. Boldsky melansir beberapa manfaat kesehatan dari memotong kuku, berikut ini:

Kuku tumbuh ke dalam
Kondisi kuku yang tumbuh ke dalam adalah masalah serius akibat tidak merawat dan memotong kuku dengan benar. Kondisi pertumbuhan abnormal kuku ini sering disebut onychocryptosis, dan yang pasti terasa sakit. Kuku tumbuh menembus kulit di sisi kanan dan kiri yang lebih lembut, sehingga kulit mengalami pembengkakan.

Infeksi bakteri
Memotong kuku juga bisa mencegah terjadinya infeksi bakteri. Ini umumnya dialami kuku kaki yang tertutup sepatu dan kaus kaki sepanjang hari sehingga di bagian tubuh tersebut tumbuh bakteri dan kuman dalam jumlah besar. Memotong kuku akan meminimalkan lokasi bertumbuhnya bakteri dan mencegah infeksi.

Bersih
Potong kuku jelas akan membuat penampilan Anda terlihat bersih dan dewasa. Bersih sebab disela-sela kuku yang Anda punya tak akan lagi bersembunyi Tinea, sejenis kutu air yang suka bersembunyi di bagian bawah kuku kaki.

Terhindar dari cedera
Kuku yang panjang memungkinkan Anda mengalami cedera lebih besar dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Bayangkan jika Anda sedang menjahit, mencuci, atau memasak dan kuku Anda patah di bagian dekat kulit. Pasti sakit, bukan? Jadi sebaiknya hindari memelihara kuku jika Anda tak ingin cedera.

sumber

1 comment: