Wednesday 30 July 2014

Jangan Takut Rambut Rontok

Masalah rambut rontok barangkali dialami oleh hampir setiap orang. Biasanya setiap pagi saat bangun tidur, ada beberapa helai rambut yang terjatuh di bantal. Saat keramas, ada juga beberapa helai rambut yang ikut mengalir bersama air bilasan keramas. Demikian pula saat menyisir rambut, beberapa helai rambut rontok dan tersangkut di sisir.

Banyaknya rambut rontok tentu bikin khawatir, jangan-jangan ada yang tidak beres dengan kesehatan kepala atau badan sehingga rambut sering rontok.

Eits, tidak perlu khawatir berlebihan dulu. Sebenarnya, rambut rontok adalah hal yang wajar terjadi setiap hari. Pertumbuhan rambut manusia memiliki siklusnya sendiri. Umumnya, suatu helai rambut akan tumbuh sampai sekitar 7 tahun setelah helai rambut tersebut mulai tumbuh.

Setelah itu, helai rambut tidak akan tumbuh lagi. Beberapa bulan kemudian, helai rambut tersebut akan rontok dengan sendirinya. Tapi tidak perlu khawatir, karena rambut tersebut akan digantikan dengan rambut yang baru.

Normalnya, rambut manusia akan rontok sebanyak 40-100 helai per harinya. Banyak juga ya! Tapi, sebenarnya jumlah tersebut tidak seberapa karena di kepala kita ada sekitar seratus ribu helai rambut.
Jika kamu merasa jumlah rambutmu yang rontok masih berkisar di angka normal itu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tetapi, jika jumlah rambut yang rontok per hari sudah melebihi 100, tentu saja kerontokan ini sudah tidak wajar. Apalagi jika ternyata kerontokan tersebut menyebabkan kebotakan.
Sebaiknya, jika rambut yang rontok sudah terlalu banyak, segera periksakan untuk mengetahui penyebab kerontokannya.

sumber

No comments:

Post a Comment