Monday 5 May 2014

Indahnya Persawahan di Tiongkok Bagai Lukisan

foto sawah indah
Indahnya Persawahan di Tiongkok  Bagai Lukisan : Persawahan dengan sistem irigasi bertingkat memang selalu indah terlihat. Tak hanya ada di Indonesia, di Tiongkok, Cina, juga terdapat sebuah wilayah pedesaan yang mempunyai persawahan indah di pegunungan Ailao Yuanyang, Tiongkok.

Jika dilihat dari atas, persawahan ini mirip lukisan pemandangan saking indahnya. Terasering bertingkat yang dibuat oleh petani di sana menonjolkan sisi estetika yang tinggi, sehingga dijuluki “Starway to Heaven” atau tangga ke surga.

Gradasi warna yang ditimbulkan akibat pantulan air dan sinar matahari dari persawahan di barat daya Tiongkok itu memancing fotografer kelas dunia mengabadikan lokasi tersebut. Hasilnya memang indah dan mirip lukisan ya, padahal itu adalah wilayah persawahan di desa, lho.

foto sawah


Undak-undakan yang dibuat di sawah pegunungan itu tingginya mencapai 2.000 meter dari permukaan laut. Uniknya, persawahan itu bisa dikatakan termasuk peninggalan kuno, sebab dibuat sejak 2.500 tahun lalu oleh suku Hani yang mendiami kawasan tersebut.

Mereka membangun sistem pengairan dengan mengikuti alur pegunungan yang terjal dan sulit demi bertahan hidup. Keunggulannya, sistem tersebut ternyata bertahan lama dan kuat hingga saat ini. Dilansir oleh Dailymail, kaisar Dinasti Ming pun memuji kondisi persawahan yang indah dan unik tersebut.

persawahan

UNESCO juga menetapkan lokasi persawahan tersebut sebagai Situs Warisan Dunia dan Alam karena usia dan keindahannya yang masih bertahan hingga kini. Walau indah, namun fungsi dari barisan sawah itu tetap berjalan hingga kini, yaitu memberi hasil padi yang dinikmati oleh ribuan orang penduduk negri tersebut.

sumber

1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai seni. Seni merupakan suatu aspek yang sangat perlu diperhatikan dalam berbagai hal. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai seni yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete