Friday 28 February 2014

Pulau Selayar

Pulau Selayar mungkin belum seterkenal pulau-pulau di Maladewa. Namun keindahan Pulau Selayar yang terletak di ujung Propinsi Sulawesi Selatan ini tak kalah indah dan bersih di banding Maladewa. Indonesia memang sudah lama terkenal sebagai zamrud di katulistiwa, dengan beribu pulau kecil dengan pemandangan dan kondisi alam menakjubkan.

Di Selayar, Anda dapat menemui pantai pasir putih yang benar-benar mirip karpet putih terbentang. Perairannya pun biru bersih hingga memungkinkan Anda mengintip berbagai ikan yang berenang di dalamnya. Ada pula terumbu karang berwarna-warni, atol besar, serta 21 pulau kecil yang terdapat di sekitar Selayar.


Panjang pulau ini memang hanya 80 km. Di sana terdapat hutan tadah hujan, juga Taman Nasional Taka Bonerate. Taka Bonerate ini sendiri sebenarnya adalah atol, yang tercatat menjadi atol terbesar ke 3 dunia. Luar biasa, bukan?

Di Selayar sudah cukup ramai penduduk, dan ada sebuah kota kecil bernama Benteng dengan aktifitas penduduk normal. Jangan heran jika Anda pun dapat menemukan becak dan sepeda motor berseliweran.

Sebuah penjara peninggalan Belanda juga masih berdiri kokoh di Benteng. Konon, penjara itu didirikan sejak tahun 1890. Penjara ini terletak di pusat kota, sehingga mudah dijangkau.

Nah, bila Anda ingin berlibur di surga dunia, maka jangan ragu untuk berkunjung ke Selayar, sebab tak hanya wisata sejarah, wisata alamnya pun luar biasa indah. Tak kalah dengan Maladewa, kok!

sumber

No comments:

Post a Comment