Monday 13 January 2014

Rahasia dibalik Search Engine Google

Siapa yang tidak tahu Google, mesin pencarian terbesar didunia ini memang sangat canggih. Hampir semua orang menggunakan Google untuk mencari dan berbagi segala informasi. Hanya dengan menuliskan apa yang ingin kita ketahui di sebuah kolom berwarna putih, kita akan mendapatkan jawabannya. Namun taukah Anda, jika dibalik kolom putih itu, tersimpan rahasia Google. Berikut ini adalah 7 rahasia yang dimiliki oleh Search Engine Google :

1. Atari Breakout
Coba tuliskan “Atari breakout” pada kolom search di Google. Anda hanya perlu memilih menu images, atau anda juga bisa langsung menuliskan Atari breakout pada bagian images. Dan tunggu beberapa saat, maka anda akan menemukan sebuah permainan klasik yang tiba – tiba muncul tanpa anda minta.

2. Google in 1998
Anda akan masuk kedalam halaman pencarian Google pada tahun 1998, ketika anda menuliskan “Google in 1998”. Dari logonya saja sudah membuktikan bahwa Google yang ada saat ini, sudah jauh berbeda dan lebih terlihat elegant.

3. Do a barrel roll
Pernah berfikir halaman Google Anda akan berputar 360o ? Tentu tidak, namun ketika anda menuliskan “Do a barrel roll” pada kolom search, Anda akan menemukan keunikan Google, yakni halaman Google akan berputar sebesar 360o, dan akan kembali ke posisi semula.

4. Custom street view
Seperti halnya Google Maps, Custom street view akan menunjukkan kita letak atau tujuan alamat yang kita cari. Namun yang berbeda adalah, Anda akan menemukan sebuah legoman yang akan membantu Anda di Google Maps tersebut.

5. Bacon Number
Bacon Number disinis yaitu jumlah derajat pemisahan yang dimiliki oleh aktris atau aktor dari Kevin Bacon. Semakin tinggi jumlah Bacon, semakin jauh dia dari Kevin Bacon. Sebagai contoh, jumlah Bacon Kevin Bacon adalah 0. Jika seorang aktor bekerja dalam sebuah film dengan Kevin Bacon, nomor Bacon aktornya adalah 1.

6. Anagram
Ketika anda menuliskan sebuah kata yaitu “Anagram”, Google akan memberikan sebuah pilihan, apakah yang kita maksud adalah “nag a ram”. Seperti fungsinya, Anagram sendiri adalah salah satu teknik untuk memutar balikkan sebuah kata atau kalimat. Begitupula dengan Google, ketika kita mencari sebuah kata “Anagram”, Google akan memutar balikkan kata tersebut, dan bertanya apakah itu yang kita maksud.

7. Zerg Rush
Pernahkah anda melihat halaman search Google anda akan hilang dengan sendirinya? Hal ini bisa terjadi jika Anda menuliskan sebuah kalimat “Zerg Rush”. Tiba – tiba akan muncul sebuah lingkaran – lingkaran kecil dari atas halaman Google. Kemudian mereka akan turun secara bersamaan, menghapus setiap kaliman yang tertulis disana. Setelah semua kalimat hilang, lingkaran – lingkaran kecil tersebut akan berkumpul dan membentuk dua huruf “G”, yang memiliki makna “Good Game”.

No comments:

Post a Comment