Friday 24 January 2014

Penyakit-penyakit yang Kerap Terjadi Saat Banjir

Banjir adalah peristiwa yang sering terjadi akhir-akhir ini di sekitar kita. Kondisi memprihatinkan ini makin diperparah dengan munculnya berbagai penyakit yang biasanya menyerang korban banjir. Tentunya ini sangat tak diharapkan, terutama saat musibah banjir sedang terjadi.

Apa saja penyakit yang kerap mewabah saat banjir? Berikut ini di antaranya:


  • Diare. Diare atau mencret biasanya dialami oleh korban banjir yang hidup di pengungsian karena air minum yang tercemar. Kondisi ini terjadi bila mereka mengambil sumber air di sumur dangkal yang dekat dengan lokasi pembuangan limbah rumah tangga. Pencegahannya dengan cara menjaga higienitas makanan dan minuman yang diasup oleh pengungsi.
  • Demam berdarah. Kondisi banyaknya genangan air saat banjir membuat perkembangan nyamuk makin banyak. Apalagi pengungsi biasanya tidur di tempat terbuka, yang rawan gigitan nyamuk.
  • Leptospirosis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri leptospira, yang ditularkan oleh hewan seperti tikus. Saat banjir maka kotoran dan kencing tikus dimana bakteri tersebut hidup banyak menyebar dan mengenai kulit manusia yang terluka. Bila sedang terluka, maka bungkus luka dengan rapat, dan jangan terkena air banjir.
  • ISPA. Infeksi Saluran Pernafasan Akut biasanya berupa batuk, demam, sesak nafas, nyeri dada, dll. Penyebabnya bisa bakteri maupun virus yang banyak tersebar.
  • Gatal-gatal. Kondisi air banjir yang kotor, menyebabkan kulit yang terkena menjadi gatal-gatal terserang kuman. Segera bersihkan kulit Anda usai terkena air kotor.

No comments:

Post a Comment