Wednesday 15 January 2014

Alasan Bakau bisa Hidup di Air Asin

Alasan Bakau bisa Hidup di Air Asin
Seringkali kita melihat di beberapa pantai terdapat rawa-rawa. Biasaya di rawa-rawa ini terdapat pohon bakau yang tumbuh di atas tanah yang lembut karena selalu kena air laut dan tentunya pohon bakau ini setiap hari dibasahi oleh gelombang air laut. Faktanya, air asin bisa membahayakan kehidupan tumbuhan. Kadar garam yang terlalu banyak pada jaringan tumbuhan akan mengganggu proses metabolisme dan dengan cepat dapat membunuh tumbuhan. Disinilah keistimewaan bakau dibandingkan tumbuhan lain, pohon bakau mampu bertahan hidup sekalipun berada di lingkungan yang selalu dibasahi air asin. Kok bisa ya?

Pohon bakau melakukan salah satu dari dua metode untuk beradaptasi dalam air laut yang memiliki kadar garam yang tinggi. Metode pertama adalah pohon bakau melakukan ultrafiltrasi atau penyaringan ekstra sehingga dapat menyerap ion spesifik tertentu saja dari air asin tersebut, sedangkan 97 persen garam yang ada pada air asin ditinggalkan di akar. Garam yang ditinggalkan ini lalu akan dibuang melalui proses transpirasi.

Metode kedua adalah dengan mengeluarkan garam dalam larutan terkonsentrasi melalui kelenjar khusus. Larutan ini akan terkristalisasi disepanjang tubuh pohon bakau dan akan terbuang oleh angin atau hujan.

sumber

No comments:

Post a Comment