Wednesday 16 October 2013

Phobia-phobia Aneh yang Benar-Benar Nyata

Apakah Anda memiliki rasa takut yang berlebihan pada sesuatu? Ular misalnya. Phobia yang Anda alami mungkin masih bisa dimaklumi karena ular berbisa bisa menjadi pembunuhan yang berbahaya. Tidak sedikit orang yang merasa khawatir ketika melihat sosok makhluk melata ini. Namun apa jadinya jika seseorang ketakutan dengan matahari? Tentu saja aneh, namun phobia-phobia yan tidak wajar memang benar-benar ada. Berikut tujuh phobia paling aneh di dunia:

Agyrophobia (takut dengan jalanan) 


Penderita phobia ini tidak akan bisa hidup di kota. Diambil dari bahasa Yunani, agyrophobia berarti seseorang yang takut untuk melewati jalanan. Kategori bagi phobia ini pun bermacam-macam, mulai dari mereka yang takut melewati jalanan kecil seperti gang atau jalan tol yang lebar. Terkadang, agyrophobia dihubung-hubungkan dengan phobia seseorang pada mobil.

Nomophobia (takut jika kehilangan gadget) 


Mungkin, nomophobia adalah yang paling lumrah dari semua phobia yang ada di dalam daftar ini. Namun jika dipikirkan dengan baik, nomophobia tetaplah phobia yang tidak masuk akal. Mungkinkah manusia diatur dengan sebuah benda mati? Sedikit banyak, hal ini telah terjadi ketika seseorang terlihat panik saat kehabisan baterai atau kehilangan sinyal. Machines are taking control, fellow human beings.

Pediophobia (takut dengan boneka) 








Menonton franchise Chucky atau The Conjuring membuat Anda trauma ketika melihat boneka? Ketakutan Anda akan hilang dengan segera kecuali Anda merupakan penderita* pediophobia. Buruknya, penderita pediophobia tidak hanya takut dengan jenis atau bentuk boneka tertentu, namun dengan semua boneka. Penderita pediophobia juga tidak bisa shopping, karena takut pada mannequin dan robot.

Eisoptrophobia (takut dengan cermin) 


Beberapa orang dengan rasa takut tertentu mungkin sadar bahwa ketakutan mereka irasional, namun tetap saja tidak bisa dilawan. Hal ini juga terjadi pada penderita Eisoptrophobia, yang selalu melihat sesuatu yang buruk ketika berhadapan dengan cermin. Mungkin saja eistrophobia memiliki hubungan dengan legenda Bloody Mary yang terkenal di banyak negara.

Pentheraphobia (takut dengan ibu tiri) 


Pentheraphobia merupakan salah satu bentuk penyakit jiwa yang secara langsung ditimbulkan oleh dunia entertainment. Ingat kisah Cinderella yang dikurung oleh ibu tirinya? Sang putri cantik ini menderita ketakutan berlebihan yang disebut dengan pentheraphobia. Kisah-kisah seperti ini akan menimbulkan bekas yang buruk di ingatan banyak anak dengan mental lemah dalam rumah tangga yang kacau; ibu tiri adalah sosok yang jahat.

Cathisophobia (takut duduk) 


Akan terdengar aneh jika seseorang takut duduk, namun ternyata phobia yang terkait tentang hal ini benar-benar ada. Banyak ahli yang menduga bahwa phobia ini merupakan akibat dari buruknya masa sekolah yang dialami seseorang, ketika sang penderita sering diusili di masa sekolah. Bentuknya tentu saja adalah dengan menaruh benda-benda tajam di kursi sehingga sang penderita akan teringat. Sederhana, namun dapat berakibat cukup serius.

sumber

No comments:

Post a Comment