Tuesday 8 October 2013

Mengapa Dilarang Minum Obat Dengan Susu

Kebanyakan obat terasa sangat pahit di lidah. Sehingga banyak sekali orang sulit untuk menelannya. Untuk mengatasi rasa pahit di lidah biasanya minuman manis, buah atau makanan yang manis diminum atau dimakan setelah menelan obat. Salah satu minuman untuk mengatasi rasa pahit di lidah adalah susu. Tapi ternyata tidak baik meminum obat dengan susu.

Seperti dilansir dari Everyday Health, beberapa jenis obat-obatan seperti antibiotik dapat mengganggu efektivitas kerja obat. Menurut ahli kesehatan Dr Richard Liebowitz dari NewYork Presbyterian Hospital mengatakan bahwa zat-zat yang terkandung dalam antibiotik akan diserap melalui saluran pencernaan dan kemudian diedarkan ke aliran darah dan dikirimkan untuk mengobati daerah yang terinfeksi.

Untuk melakukan tugas ini, penyerapan zat juga dipengaruhi oleh tingkat keasaman relatif pada perut (asam lambung), lemak dan nutrisi lainnya yang ad dalam perut. Salah satu zat yang mempengaruhi penyerapan antibiotik adalah kalsium. Susu sendiri adalah sumber alami dari kalsium.

Hal ini terjadi karena salah satu kandungan dalam obat yang bernama tetrasiklin adalah zat yang akan diikat oleh kalsium. Zat tersebut diikat oleh kalsium sehingga tidak dapat diserap oleh usus dan tidak dapat didistribusikan ke aliran darah untuk mengobati infeksi dan rasa sakit. Dan bisa menyebabkan sakit perut.
Itulah mengapa tidak disarankan untuk minum obat dengan susu ataupun beberapa makanan yang mengandung kalsium. Karena hal tersebut dapat menghilangkan fungsi obat untuk mengobati sakit. Sebaiknya minumlah obat dengan air hangat.

sumber

No comments:

Post a Comment