Saturday 26 October 2013

Makhluk-Makhluk Legendaris dan Tempat Asal Mereka

Manusia kerdil ‘hobit’ dari Flores - Indonesia

Kecil, ganas dan terkenal tidak membeda-bedakan mangsanya, manusia kerdil di kepulauan Indonesia sekian lama dianggap sebagai cerita mitos, dan dijuluki Ebu Gogo. Namun kemudian sejumlah peneliti menemukan fosil manusia kerdil di sebuah gua yang berada di Pulau Flores pada 2003, dan kabar penemuan ini menggemparkan dunia. Beberapa pihak berspekulasi manusia kerdil tersebut kemungkinan masih hidup di suatu pulau dari sekian ribu pulau yang ada di Indonesia.

Chupacabras - Amerika Tengah

Selama bertahun-tahun, legenda chupacabras atau ‘pengisap kambing’ membuat takut para petani di kawasan Amerika Tengah. Makhluk tersebut digambarkan sebagai monyet bersayap, namun ada juga yang mengatakan bentuknya menyerupai kanguru bertaring. Tahun lalu, menurut laporan sesosok chupacabras ditembak di wilayah Texas, Amerika Serikat setelah membunuh beberapa hewan ternak, tapi ternyata makhluk tersebut hanya seekor anjing kudisan yang sedang lewat.

Dalam gambar di atas: Seorang pria Meksiko mengenakan kostum chupacabras

Ikan Coelacanth - Afrika Selatan

Pada 1983, para ilmuan Afrika Selatan dibuat tercengang saat seorang nelayan setempat menemukan seekor ikan yang diyakini sudah punah bersama dengan dinosaurus 65 juta tahun yang lalu. ‘Fosil hidup’ tersebut merupakan penghuni paling terkenal (dan paling sulit dipahami) dari Sodwana Bay, yang merupakan lokasi menyelam terbaik di Afrika Selatan.

Yeti - Nepal

Menurut catatan sejarah sejak berabad-abad yang lalu makhluk menyerupai kera dengan tinggi tiga meter sudah sering terlihat di lereng pegunungan Himalaya. Jika Anda ingin mencoba mencari yeti, silakan kunjungi pegunungan Dhaulagiri, Nepal di mana jejak kaki sepanjang 20 sentimeter di tumpukan salju berhasil diabadikan dengan kamera foto tiga tahun yang lalu.

Megalodon - Samudra Pasifik Selatan

Apakah mungkin seekor hiu raksasa sepanjang 30 meter dengan gigi taring sepanjang 18 meter berkeliaran di dalamnya samudera? Sejumlah nelayan Australia mengatakan bahwa mereka menemukan makhluk raksasa tersebut di dekat Pulau Borough, dan megalodon berukuran 15 meter dikatakan terlihat berada di Polinesia Prancis pada awal abad lalu.

Cumi-cumi raksasa - Jepang

Legenda cumi-cumi sebesar pulau mungkin hanya sebuah mitos, namun makhluk bertentakel yang hampir sama besarnya hidup di lepas pantai Jepang. Melihat cumi-cumi raksasa secara langsung kemungkinannya kecil, namun cara yang paling memungkinkan untuk melihat hewan ini adalah dengan mengunjungi pulau Chichijima, lengkap dengan kamera bawah laut.

Shamanu - Jepang

Pada malam musim gugur 1966, Hiroshi Yagi, seorang pemburu shamanu, mengaku melihat serigala kerdil ini di sebuah hutan yang berada di wilayah pegunungan Chichibu. Ia memotret 19 foto hewan tersebut, yang sudah sekian lama dianggap punah, namun sejak saat itu hewan tersebut tidak pernah terlihat lagi.

Mapinguari - Brazil

Meskipun sebagian besar ilmuan mengatakan kukang Mylodon raksasa sudah sejak 10.000 tahun yang lalu, menurut sejumlah rumor beberapa ekor makhluk ini masih hidup di suatu tempat terpencil di Amerika Selatan. Pada 1975, seorang pekerja tambang asal Brazil dilaporkan menemukan hewan ini, dan mengenali baunya secara jelas.

Kura-kura Hoan Kiem - Vietnam

Legenda kura-kura air tawar raksasa Hanoi berawal pada era 1428, namun makhluk ini sempat terlihat di Danau Hoan Kiem pada waktu-waktu tertentu. Hal yang awalnya diyakini sebagai sebuah mitos akhirnya menjadi kenyataan sebelumnya pada 2013 saat seekor kura-kura dengan panjang dua meter berhasil ditangkap dari dalam danau untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh jamur.

Mothman (Manusia Ngengat) - Amerika Serikat

Selama lebih dari setahun, pada periode 1966 hingga 1967, sesosok makhluk bersayap seukuran manusia dengan mata merah menyala diduga meneror warga Point Pleasant, West Virginia. Sepanjang era itu terdapat 100 laporan penemuan makhluk tersebut. Kejadian itu kemudian menginspirasi John Keel untuk menulis buku ‘The Mothman Prophecies’ pada 1975.

Monster Montauk - Amerika Serikat

Dari negara bagian New York terdapat legenda Monster Montauk, makhluk menyeramkan yang dilaporkan tewas ketika terdampar di pantai pada 2008. Sayangnya bangkai makhluk tersebut menghilang sebelum diteliti secara mendetail, namun kembali muncul kabar ditemukannya Monster Montauk pada 2011 di wilayah yang berada sekitar 161 kilometer dari lokasi penemuan sebelumnya.

Dover Demon (Iblis Dover) - Amerika Serikat

Digambarkan sebagai makhluk setinggi 120 sentimeter dengan kepala berbentuk seperti semangka dan tanpa hidung, mulut atau telinga, Dover Demon tidak terlihat kemunculannya sejak 1977 - meskipun makhluk yang konon menyeramkan itu dilaporkan terlihat sebanyak tiga kali dalam periode 25 jam pada tahun tersebut di negara bagian Massachusetts. Sebagai lokasi berdirinya Salem Witch Museum, negara bagian yang mendapat julukan Bay State ini sejak sekian lama memiliki daya tarik dengan dunia lain.

sumber

No comments:

Post a Comment