Wednesday 25 September 2013

Pasangan dapat Mencegah Risiko terkena Kanker Lho!

Kabar baik bagi Anda yang sudah memiliki pasangan, karena penelitian baru mengungkapkan bahwa memiliki pasangan lebih baik daripada kemoterapi untuk melawan kanker.

Bagi pria dan wanita yang menjalin suatu hubungan kasih sayang ternyata memiliki 20% lebih besar untuk bertahan dari penyakit kanker dibandingkan dengan orang yang belum memiliki pasangan.

Para peneliti mengatakan bahwa suami atau istri akan lebih waspada satu sama lain serta lebih mudah untuk mengetahui gejala-gejala kanker lebih awal dan kemudian akan saling membantu untuk mengalahkan penyakit tersebut.

“Jika Anda memiliki teman atau orang yang dicintai, Anda memiliki potensi besar untuk mengajaknya pergi kedokter dan membantu memahami diagnosis mereka,” kata Paul L. Nguyen, MD, yang memimpin penelitian ini dan juga seorang asisten profesor di Department of Radiation Oncology, Harvard Medical School, AS.

Untuk melakukan penelitian ini para peneliti menganalisa data dari 734.800 pasien yang telah didiagnosis berbagai macam jenis kanker antara tahun 2004 dan 2008 di Dana-Farber Cancer Institute dan Brigham and Women’s Hospital, Boston.

Dari analisa data tersebut para peneliti menemukan bahwa pria yang sudah menikah memiliki 23% kemungkinan lebih tinggi untuk melawan kanker, dibandingkan perempuan yang hanya 16%, hal ini menunjukan bahwa wanita memang lebih ‘cerewet’ untuk menuntut suami mereka pergi kedokter.
Selain itu, memiliki pasangan juga dapat mencegah 17% lebih sedikit kesempatan sel kanker menyebar, dikarenakan bahwa mereka dapat mengindentifikasi penyakit lebih awal dan mendapatkan perawatan lebih cepat.

Adapun peningkatan dalam tingkat kelangsungan hidup bagi pasangan menikah terlihat pada beberapa jenis kanker yaitu kanker prostat, kanker payudara, kanker kolorektal, kanker esofagus serta kanker kepala dan leher.

Para peneliti juga berharap adanya penelitian lebih lanjut untuk bisa melihat pengaruhnya terhadap semua jenis kanker yang ada di muka bumi ini.

sumber

No comments:

Post a Comment