Friday 30 August 2013

Daftar Tumbuhan Langka di Indonesia

Tumbuhan dan hewan langka Indonesia ini bisa dibilang remark atas dua artikel sebelumnya tentang daftar hewan langka Indonesia dan daftar tumbuhan langka di Indonesia. Isinya merupakan penggabungan kedua artikel tersebut menjadi sebuah artikel yang harapannya lebih simple dalam menjabarkan jenis-jenis tumbuhan dan hewan langka yang terdapat di Indonesia.


Daftar Tumbuhan Langka di Indonesia

Daftar tumbuhan langka dan terancam punah di Indonesia sangat panjang. Daftar ini juga banyak berisikan spesies-spesies tumbuhan yang berkerabat dekat (satu genus) yang penyebutan dalam bahasa Indonesia sering kali tumpang tindih antara satu jenis dengan jenis lainnya. Sehingga untuk mempermudah penyajian dan pemahaman daftar ini bagi kalangan awam akan dilakukan beberapa generalisasi.

Tumbuhan-tumbuhan yang tergolong langka dan terancam punah (terutama di alam liar) adalah sebagai berikut:

  1. Mangga Kasturi (Mangifera casturi); Tumbuhan yang menjadi maskot (flora identitas) provinsi Kalimantan Selatan ini dinyatakan telah punah in situ (Extinct in the Wild) oleh IUCN Redlist.
  2. Dipterocarpus spp.; Merupakan berbagai jenis tumbuhan yang kerap disebut keruing, pelalar, dan meranti. Belasan spesies dari genus Dipterocarpus ini berstatuskan Critically Endangered (Kritis), seperti: Meranti Jawa (D. littoralis, endemik Nusakambangan, Jawa Tengah); Keruing Arong (D. applanatus, endemik Kalimantan); Meranti (D. fusiformis, endemik Kalimantan), dll.
  3. Shorea spp.; Seperti Dipterocarpus, tumbuhan ini kerap dinamai keruing, meranti, dan balau. Sedikitnya 30-an spesies ini berstatuskan Critically Endangered (Kritis), seperti: Meranti Putih (S. resinosa, Sumatera dan Malaysia); Tengkawang (S. singkawang); Balau Merah (S. kunstleri); Meranti Maluku (S. selanica, endemik Maluku), dll.
  4. Kantong Semar (Nepenthes spp.); Sedikitnya 4 spesies kantong semar yaitu: Nepenthes aristolochioides, N. dubia, N. lavicola (Sumatera), dan Nepenthes clipeata (Kalimantan) berstatuskan Critically Endangered (Kritis).
  5. Kapur (Dryobalanops aromatica); Tumbuhan asli Indonesia (Sumatera, Kalimantan) dan Malaysia ini berstatus Critically Endangered (Kritis).
  6. Kawoli (Alloxylon brachycarpum). Sejenis tanaman hias, tumbuh di Indonesia (Papua, Maluku) dan Papua New Guinea. Status Endangered (Terancam Punah).
  7. Bintangur (Calophyllum insularum). Sejenis Kosambi atau Nyamplung (Calophyllum inophyllum) Endemik Papua. Status Endangered (Terancam Punah).
  8. Kokoleceran atau Resak Banten (Vatica bantamensis). Endemik Ujung Kulon, Banten. Status Endangered (Terancam Punah).
  9. Nyatoh (Manilkara kanosiensi); Indonesia (Maluku) dan Papua New Guinea. Status Endangered (Terancam Punah).
  10. Canarium kipella. Sejenis Kacang Kenari endemik Jawa Barat. Status Endangered (Terancam Punah).
  11. Maple Silkwood (Flindersia pimenteliana). Indonesia (Papua), Australia, dan Papua New Guinea. Status Endangered (Terancam Punah).
  12. Nothofagus womersleyi; endemik Papua. Status Endangered (Terancam Punah).

Daftar selengkapnya beserta penjelasan dan gambar tumbuhan, baca artikel: Daftar Tanaman Langka Indonesia. Atau klik masing-masing tautan yang ada dalam daftar di atas.

sumber

No comments:

Post a Comment