Saturday 6 July 2013

Inilah Gejala Kanker Paru-paru


Sebuah kampanye kanker paru-paru di Inggris baru-baru ini telah memperingatkan bahwa batuk terus-menerus selama 3 minggu atau lebih, merupakan gejala penyakit kanker paru-paru yang mematikan.
Seperti yang diketahui, kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru.

Merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus penyakit kanker paru-paru pada pria, dan 70% pada wanita. Sementara kanker paru-paru yang disebabkan oleh faktor selain merokok sangat kecil kasusnya, seperti faktor zat yang ditemui atau terhirup di luar atau dalam ruangan seperti asbes, radiasi, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, dan gas mustard.

“Be Clear on Cancer” yang menjadi slogan dalam kampanye itu bertujuan untuk mengurangi jumlah kematian akibat kanker paru-paru terutama bagi orang yang berusia diatas 50 tahun, karena pada usia tersebut mereka paling rentan risikonya terkena kanker paru-paru.

Adapun gejala-gejala dari penyakit kanker paru-paru adalah sebagai berikut :
Batuk terus menerus selama 3 minggu atau lebih
Batuk darah
Sesak nafas
Merasa lebih lelah dari biasanya selama beberapa waktu
Berat badan menurun
Nyeri di dada atau bahu yang tidak kunjung hilang

“Pesan dari kampanye ini sangat jelas, jika Anda batuk terus menerus selama 3 minggu atau lebih, segeralah periksakan diri Anda ke dokter,” kata Jeremy Hunt, British Secretary of State for Health, dalam menanggapi kampanye tersebut, seperti yang dilansir dari zeenews.com baru-baru ini.

sumber

No comments:

Post a Comment