Thursday 27 June 2013

Mazda3 Baru

Akhirnya Mazda buka-bukaan tentang Mazda3 model 2014 dengan menyebar foto-foto sekaligus detailnya (26/6). Desain KODO diterapkan pada hatchback kompak ini membuat tampilan mirip Mazda6 dan CX-5, dan menjadi mobil ketiga dengan teknologi Skyactive.

 Jarak sumbu roda lebih panjang 2,4 inci dari model sebelumnya, namun bagian belakang (overhang) lebih pendek 2 inci. Ruang mesin lebih pendek, tapi lebih lebar, membuat ruang pengemudi dan penumpang depan sangat lapang dan posisi pandang lebih baik.

Mazda mengklaim sasis lebih kuat 30 persen. Pemakaian aluminium pada bagian tertentu mampu menyunat bobot hingga 90 kg ketimbang model lama. Mesin punya dua pilihan, 2.000cc bertenaga 155 PS dan 2.500cc dengan tenaga 184 PS yang semuanya sudah berteknologi  Skyactive yang menjanjikan efisiensi bahan bakar irit. Tenaga disalurkan ke roda menggunakan tansmisi manual dan otomatis enam percepatan.

Sama seperti Mazda6, Mazda3 dilengkapi teknologi i-ELOOP yang menangkap energi dari putaran ban untuk disimpan ke kapasitor. Energi ini berguna menyokong semua peranti elektronik agar tak mengganggu aki, demi efisiensi.

Jim O'Sullivan, CEO Mazda Amerika Utara mengatakan ada kemungkinan memakai mesin diesel  2.200cc Skyactive, khusus pasar AS. Sementara di Jepang, Mazda menyiapkan pilihan lain, yakni hybrid menjadi model  pertama di Mazda dengan teknologi hibrida.

Pengemudi mendapat informasi melalui panel istrumen disebut Active Driving Display, seperti peringatan kecepatan dan ada kendaraan mendekat dari sisi kiri atau kanan, serta navigasi. Selain itu, ada fitur i-Activsense seperti pada Mazda6, yang mengatur ketinggian sorot lampu, peringatan pindah jalur, hingga Smart City Brake Support yang akan mengerem otomatis jika terdapat objek di depan, dengan catatan kecepatan tak lebih dari 30 kpj.

Sumber

No comments:

Post a Comment