Thursday 28 March 2013

Sirsak Kaya Antioksidan yang Bisa Tolak Penyakit


Buah sirsak yang nama ilmiahnya Annona muricata Linn, memiliki rasa asam manis yang segar. Walau tampak luarnya tak begitu menarik, namun kandungan zat antioksidan pada buah sirsak bermanfaat besar untuk menolak beberapa penyakit kronis.

Vitamin C yang cukup tinggi pada buah sirsak lah yang menjadi antioksidan dan berfungsi meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tahan dari serangan penyakit. Bagi kecantikan kulit, vitamin ini juga berpengaruh baik.

Selain itu buah sirsak pun mengandung kalsium yang mencegah terjadinya osteoporosis dan menguatkan tulang. Vitamin A dan B juga ternyata ada di dalamnya.

Jika Anda mengalami diare, ambeien, atau penyakit liver, maka sirsak bisa dijadikan obat alternatif menyembuhkannya. Caranya bisa dengan dimakan segar, atau dijadikan jus. Dapat pula Anda rebus sebentar dengan tambahan gula jawa.

Tak hanya buahnya, daun sirsak pun kini mulai dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan. Daun sirsak yang mengandung acetoginin ini dikatakan mampu mengobati beberapa jenis penyakit seperti kanker, asam urat, infeksi, dan rematik.

Caranya dengan direbus menggunakan air dengan perbandingan 10 lembar daun sirsak dan 3 gelas air. Jika telah tersisa 1 gelas, maka minumlah air rebusan tersebut.

Selamat mencoba dan merasakan manfaat sirsak.

sumber

No comments:

Post a Comment