Friday 15 February 2013

Hasil survei Yang membuat orang Indonesia bahagia


Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa 91 persen orang Indonesia merasa bahagia (42 persen sangat bahagia dan 49 persen agak bahagia).  Laporan ini cukup konsisten dengan hasil survei Ipsos Global @dvisor tahun 2011 yang menyatakan 92 persen orang Indonesia merasa bahagia (51 persen sangat bahagia dan 41 persen  agak bahagia).

Dari mereka yang menjawab ‘sangat bahagia’ terdapat perbedaan-perbedaan yang menarik dari kota tempat tinggal, umur dan sosio-ekonomi.  Berdasarkan kota tempat tinggal, Kota Jakarta merupakan kota dengan persentase tertinggi yaitu 58 persen yang merasa sangat bahagia.

Selain itu dalam survei ini menunjukkan bahwa jenis kelamin yang merasa sangat bahagia adalah perempuan yaitu sebanyak 46 persen dibandingkan dengan pria yang hanya 39 persen.

Persentase yang merasa sangat bahagia didapati paling sedikit pada kelas sosial yang paling rendah dibandingkan dengan kelas sosial yang lebih tinggi.

 Survei Asiabus Desember 2012 ini bertanya kepada responden mengenai faktor apa saja yang dapat memberikan kebahagian terbesar. Hasilnya adalah 66 persen menyatakan faktor agama atau spiritual yang baik, faktor kesehatan atau kondisi fisik yang baik  sebesar 62 persen selanjutnya yaitu faktor anak sebanyak 57 persen. Hubungan dengan pasangan atau suami-istri sebanyak 54 persen. Sebesar 41 persen menyatakan faktor kondisi hidup seperti air, makanan dan tempat bernaung serta faktor perasaan karena memiliki hidup yang berarti.

Faktor pekerjaan menjadi faktor yang dapat memberikan kebahagiaan terbesar dirasakan oleh sebanyak 40 persen responden. Sedangkan faktor memiliki uang lebih dan faktor keselamatan serta keamanan pribadi dirasakan oleh 39 persen responden menjadi faktor yang dapat memberikan kebahagiaan terbesar.

sumber

No comments:

Post a Comment