Thursday 6 December 2012

Pria Pemakai Emas Berisiko Alami Kerusakan Testis


Pernahkah mendengar jika pria memakai perhiasan emas dilarang dalam agama Islam? Ternyata ada hikmah dari larangan tersebut. Pria yang terlalu lama mengenakan emas bisa mengalami masalah pada organ gonad-nya atau testis, yang berfungsi sebagai tempat memroduksi sperma. Dan, efek memakai emas ini hanya dialami oleh pria daripada wanita.

Seperti dikutip dari Xbobo dari Meishicina.co, pemakaian emas yang terlalu lama membuat tubuh pria terpapar dengan zat aktif emas. Emas mulai teroksidasi dan memunculkan beberapa senyawa. Senyawa ini jika masuk ke tubuh pria dapat mempengaruhi testis dan mengganggu fungsi kerjanya.

Berkebalikan dengan itu, wanita yang memakai emas lebih tahan terhadap paparan senyawa tersebut. Sistem gonad wanita, yaitu ovarium, lebih mampu menangkal pengaruh buruk senyawa oksidasi emas. Sehingga, apa pun bentuk perhiasan emas yang dipakai wanita, tidak berpengaruh pada kesehatan.

Tahukah Anda? Hanya diperlukan sedikit saja dari senyawa oksidasi emas untuk memperburuk kesehatan testis pria. Sebab, dengan beberapa miligram senyawa itu, pria sudah memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan pada testis. Akibat buruknya adalah memunculkan risiko kemandulan.

Sementara itu, jika seseorang memakai perhiasan cincin emas dalam jangka waktu lama, juga bisa menyebabkan peradangan akar syaraf di bagian yang menjadi tumpuan cincin. Jika diletakkan pada jari tengah dan melekat erat, bisa memunculkan risiko aterosklerosis dan hipertensi. Pemakaian cincin di jari kelingking yang erat, dapat menyebabkan lesi pada usus 12 jari atau duodenum.

sumber

No comments:

Post a Comment