Monday 15 October 2012

Sering Dilakukan dan Merugikan


Tanpa disadari, kebiasaan ini selalu dilakukan. Jika selalu dilakukan, ternyata dapat merugikan kesehatan lho. Simak penjelasannya, dilansir melalui Medicmagic (4/10).

Ngopi terus. Kebanyakan ngopi malah menyebabkan dehidrasi. Batasi konsumsinya dengan perbanyak minum air putih.

Terlalu serius. Peneliti dari German University Medical Center Hamburg-Eppendorf menunjukkan  beristirahat sebentar dari rutinitas kerja yang padat bisa meningkatkan produksi hormon penghilang rasa sakit dalam waktu cepat.

Bergosip. Bergosip selama 20 setiap hari saja, sudah bisa menaikkan tekanan darah dan stres selama empat jam ke depan. Nah, daripada bergosip mengenai hal yang belum benar kenyataannya, lebih baik berpikiran positif. Peneliti di Rhode Island Brown University membuktikan pemikiran positif menaikkan mood dan produksi hormon antidepresan, serta meningkatkan kinerja otak.

Lupa pakai sunblock. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memicu risiko melanoma, jenis kanker kulit paling ganas. Jika Anda tak ingin terisiko, gunakan tabir surya 15 menit sebelum Anda melakukan aktivitas outdoor.

Lupa balas pesan. Berbalas pesan melalui bbm, sms atau chat ternyata membantu Anda mengurangi depresi. Hasil riset di California University menunjukkan bahwa tetap terhubung dengan keluarga atau teman melalui perangkat elektronik bisa mengurangi rasa tertekan. Ternyata, hubungan sosial yang kuat dan dukungan dari orang tersayang bisa meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamin guna menangkal stres.

sumber:

No comments:

Post a Comment