Monday 15 October 2012

Kelamaan Duduk Rusak Ginjal


Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kelamaan duduk bisa mengganggu kesehatan.

Terbaru, temuan dalam American Journal of Kidney Diseases menunjukkan orang yang menghabiskan waktu lama untuk duduk memiliki risiko tinggi penyakit ginjal. Demikian dilansir melalui Medicaldaily (15/10).

Wanita jauh berisiko dibandingkan pria. Terbukti, wanita yang duduk kurang dari tiga jam sehari memiliki 30 persen risiko lebih kecil menderita penyakit ginjal kronis dibandingkan mereka yang duduk lebih dari delapan jam sehari. Sedangkan pria yang duduk kurang dari tiga jam memiliki 15 persen risiko lebih kecil.

Menurut peneliti Tom Manley, orang yang kelamaan duduk memiliki tingkat protein albumin yang lebih tinggi. Tingkat albumin yang tinggi menjadi indikator fungsi ginjal yang buruk dimana ginjal tidak mampu menyaring limbah dan urin.

Rutin melakukan aktivitas fisik, seperti jalan cepat, jogging, atau lari di atas treadmill, dapat menurunkan risiko penyakit ginjal. Sayangnya, aktif berolahraga kebanyakan dilakukan pria, sehingga wanita disarankan untuk mengurangi kebiasaan duduk terlalu lama.

sumber

No comments:

Post a Comment