Friday 8 June 2012

Honda Fit EV, Mobil Listrik Paling Irit Pilihan EPA


Honda Fit EV (Electrik Vehicle) raih predikat mobil bertenaga listrik paling irit di Amerika Serikat (AS) dari Environment Protection Agency (EPA).

Dari hasil tes yang dilakukan oleh EPA, Honda Fit EV mampu mencapai jarak tempuh 83 mill atau setara dengan 133,6 km dalam sekali pengisian baterai secara penuh.

Dilansir honda.com, Jumat (8/6) mengungkapkan bahwa berdasarkan perhitungannya, efisiensi yang dicapai tenaga listrik Fit EV jika dikonversikan ke dalam bahan bakar konvensional setara dengan 188 mpg atau 50, 1 km/liter. EPA menyebutkan konsumsi energi rata-rata itu paling irit jika dibandingkan dengan mobil-mobil bertenaga listrik lainnya.

Diketahui, Honda Fit EV Concept kali pertama diperkenalkan pada 17 November 2010 pada ajang Los Angeles Auto Show 2010. Platform mobil ini berbasis plug-in hybrid dan Electric Vehicle.

Honda Fit EV mempunyai tiga pilihan mode pengendaraan, yakni sport, normal dan eco yang diadopsi dari Honda CR-Z. Model ini juga dibekali motor listrik berkapasitas 125 PS dan torsi sebesar 255 Nm. Honda Fit EV membutuhkan waktu 3 jam untuk pengisian baterai listriknya yang bertegangan 240 volt dari kondisi kosong hingga penuh.

Untuk pasar mobil listrik di Amerika Serikat, kendaraan ini mulai masuk saat musim panas tahun 2012 ini. Dan sebagai langkah awal, Honda akan menyewakan Honda Fit EV kepada pra konsumen di berbagai negarai bagian, yaitu California, Oregon hingga ke Pantai Timur Amerika Serikat. Sedangkan untuk pasar Eropa, Honda akan memulai memasarkannya pada tahun 2013 mendatang.

Model ini juga telah menjadi bagian dari proyek mobil ramah lingkungan Honda sebagai komitmen untuk mengembangkan dan membuat 'Earth Dreams Technology' untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar serta mengurangi emisi CO2

Honda pun telah berhasil menjadi yang terdepan dalam rating yang dilakukan oleh Union of Concemed Scientists (UCS) terhadap performa dan berkontribusi di bidang lingkungan sejak tahun 2000 lalu.

sumber:Ghiboo.com

No comments:

Post a Comment