Friday 4 May 2012

Samsung Gusto 2, ponsel imut di tengah deraan smartphone



Apabila Anda termasuk orang yang lebih menyukai suatu handset yang ringkas, simple, dan tidak terlalu memakan tempat di saku, maka Samsung Gusto 2 ini cocok untuk Anda. Satu pertanyaan yang muncul adalah dengan bermunculan banyak handset yang menggunakan layar lebar dan menghindari pemakaian QWERTY keyboard, mengapa Samsung kembali meluncurkan satu ponsel baru dengan desain clamshell yang bisa dibilang sudah jarang ada orang yang memakainya?

Menurut Cnet.com, Samsung menciptakan Gusto 2 ini untuk para pengguna handset yang lebih menyukai hal yang simple dan lebih memprioritaskan sisi audionya daripada desain dan tampilan. Gusto 2 ini memiliki resolusi sebesar 3.8 x 1.9 x 0.75 inci dengan berat 3.9 ons atau 110.5 gram.

Karena berbentuk clamshell, maka ketika dalam keadaan tertutup, di bagian luarnya akan terlihat satu layar kecil yang berfungsi untuk menampilkan tanggal, waktu, sinyal, indikator baterai, dan pesan atau panggilan yang masuk. Seperti halnya seri sebelumnya, ponsel satu ini memiliki layar di bagian dalam dengan teknologi QQVGA 128 x 160 pixel yang dapat menampilkan 260 ribu warna secara jelas.


Pada bagian bawah layar terdapat deretan keypad yang tersusun rapi dan juga terdapat beberapa tombol yang berfungsi sebagai jalur pintas atau shortcut ketika ingin mengakses satu sub direktori. Setiap tombolnya terbuat dari bahan yang lunak, sangat responsif, dan berukuran besar. Terdapat juga satu tombol shortcut yang berfungsi sebagai ICE atau In Case of Emergency. Fungsi dari tombol ICE ini adalah untuk mengakses nomor darurat atau untuk dijadikan jalan pintas dalam penulisan SMS.

Di sisi sebelah kiri terdapat tombol kecil untuk pengaturan suara dan port untuk microUSB. Di sisi sebaliknya terdapat tombol untuk mengaktifkan kamera dan lubang speaker. Samsung telah mengganti headset jack yang dipakai seri sebelumnya yang berukuran 2.5 mm dengan headset jack standard berukuran 3.5 mm.

Fitur lain yang dimiliki Gusto 2 ini masih sama seperti fitur yang dimiliki kebanyakan ponsel clamshell pada umumnya. Terdapat fasilitas SMS, MMS, EMS, Email, photo ID, 20 polyphonic ringtone, Calling Group, Speed Dial, calculator, calendar, alarm clock, stop watch, world clock, notepad, dan phone search. Terdapat juga dua game yang dibawa oleh perangkat clamshell Samsung ini yaitu Tetris dan Uno. Namun pengguna Gusto 2 ini dapat menambahkan game lain dengan cara mengunduh dari Verizon Online Store, karena memang Gusto 2 ini diciptakan khusus bagi pengguna Verizon.

Pada bagian belakang terdapat kamera VGA yang mempunyai resolusi sebesar 1.3MP. Untuk penyimpan eksternalnya, Samsung telah melengkapi Gusto 2 dengan kapasitas penyimpanan sebesar 64MB. Tentunya, kapasitas yang diberikan Samsung adalah suatu hal yang sangat mengecewakan dimana hampir semua perangkat handset saat ini berani menawarkan kapasitas dalam jumlah yang besar.

Samsung Gusto 2 ini menggunakan prosesor 400MHz dan mampu berjalan di jaringan CDMA 800/1900 MHz. Baterai yang digunakannya adalah Li-Ion 1000 mAh yang dapat digunakan untuk berbicara selama 7 jam dan 15 hari untuk waktu standby. Walaupun Samsung mengatakan bahwa Gusto 2 ini adalah penyempurna dari Samsung Gusto atau seri sebelumnya, namun menurut Cnet.com, tidak ada perbedaan yang mencolok dibanding dengan seri sebelumnya. Wake up Samsung.

sumber:merdeka.com

No comments:

Post a Comment