Tuesday 12 March 2019

Inilah Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan

Rambutan adalah buah musiman, yang artinya akan tersedia jika sudah tiba musimnya. Umumnya bulan November akhir atau Desember awal adalah saat dimana buah yang kulitnya penuh ‘rambut’ ini mulai bisa dinikmati.

Ada banyak nutrisi yang dikandung rambutan, sehingga jika kita mengonsumsinya akan merasakan juga khasiat dan manfaat buah tersebut. Jika Anda lupa apa saja yang bisa kita peeroleh dengan rutin mengonsumsinya, berikut informasinya seperti dilansir laman Boldsky, Jumat (30/11).

Bersihkan ginjal

Kandungan fosfor dalam buah rambutan disebut-sebut sebagai salah satu yang membantu kerja ginjal untuk membuang limbah racun dari tubuh dan membersihkannya.

Kuatkan tulang

Ada pula nutrisi bernama zat besi, kalsium dan fosfor pada buah tersebut dengan manfaat menguatkan tulang, memperbaiki dan menjaganya agar tetap sehat.

Tingkatkan kualitas sperma

Adanya vitamin C yang tinggi pada rambutan, membantu meningkatkan kualitas sperma kaum adam.

Cegah diabetes

Kalau manfaat ini bisa diperoleh dari biji rambutan yang dikeringkan, lalu direbus kemudian diminum airnya. Ia memiliki sifat anti-diabetes dengan cara menjaga tingkat gula darah agar stabil.

Anti-kanker

Hampir semua buah memiliki sifat anti-kanker, termasuk juga rambutan. Adanya zat asam galat dan flavonoid di dalam kulitnya mampu melawan radikal bebas pada tubuh. Juga menghilangkan zat karsinogen yang memicu kanker.

Kesehatan jantung

Tingginya vitamin C dalam rambutan juga baik bagi kesehatan jantung. Ia akan mengurangi peradangan, menghilangkan radikal bebas, dan menyembuhkan luka pada dinding pembuluh darah yang meradang.

2 comments: