Monday 28 December 2015

Inilah Video Sungai Pasir, Satu Fenomena Alam

Apakah betul-betul pasir yang mengalir dengan deras di gurun di Irak? Satu video yang diunggah di YouTube telah membuat takjub para user. Berikut sekilas penjelasan fenomena alam ini:

Beberapa hari lalu video “Sand River“ menjadi viral di YouTube. Satu video menakjubkan yang memperlihatkan sebuah sungai dengan “pasir” yang mengalir dengan deras. Banyak juga yang mempertanyakan, apakah video tersebut sebelumnya telah dimanipulasi. Video direkam di Gurun Rub Al Khali yang luasnya mencapai 650 ribu km persegi. Dan video tersebut asli dan tidak diedit.

Menurut Mirror UK, pasir yang tampak mengalir tersebut adalah batu-batu es sebesar bola golf yang bergerak dengan kecepatan seperti aliran sungai. Menurut laporan, selama beberapa minggu terjadi hujan deras dan juga badai es di Irak dan wilayah sekitar negara ini. Dan badai es dan hujan ini menciptakan fenomena alam menakjubkan yang jarang terjadi. Bongkahan es ikut terbawa arus sungai. Dalam perjalanannya, bongkahan es ini pecah menjadi bagian-bagian kecil seukuran bola golf, dan terus mengalir ke muara serta turut menyeret pasir.

Biasanya, hujan es kerap tiimbul di wilayah perbukitan. Namun dalam kasus di Irak ini, hujan es terjadi karena perubahan kondisii cuaca yang tiba-tiba yang membentuk hujan air menjadi hujan es. Belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai perilaku cuaca yang langka ini.

sumber

No comments:

Post a Comment