Thursday 9 July 2015

Malam Jumat Jadi Sangat Keramat Karena Hal Ini

Malam Jumat Jadi Sangat Keramat Karena Hal Ini
Siapa yang tidak merinding jika mendengar malam jum’at, malam ini biasa digunakan sebagai setingan waktu munculnya hantu pada film-film horror Indonesia sehingga malam jumat jadi sangat keramat karena hal ini. Apakah benar malam jum’at adalah malamnya dunia ghaib? tetapi dalam Islam, hari jum’at adalah hari yang penuh dengan berkah dan banyak amalan yang dianjurkan pada hari tersebut. Sungguh kontradiksi ya..

Malam Jumat Jadi Sangat Keramat Karena Hal Ini Lho…
Banyak mitos yang telah beredar dikalangan masyarakat bahwa rahasia malam jumat sangat dekat hubungannya dengan hal yang berbau ghaib. Masyarakat Jawa kuno meyakini bahwa malam jum’at adalah hari yang keramat terlebih lagi jum’at kliwon, sehingga banyak acara sakral yang dilakukan pada malam tersebut. Beberapa mitos malam jum’at yang telah beredar adalah:

1. Merupakan malam yang memiliki nilai magis.
Sebagian orang percaya bahwa malam jum’at khususnya jum’at kliwon mengandung magis yang cukup kuat. Banyak ritual atau upacara yang dilakukan pada hari tersebut seperti ritual memandikan keris atau benda keramat yang dianggap memiliki kekuatan supranatural.

2. Tempat-tempat angker menjadi lebih menyeramkan saat malam jum’at.
Banyak tempat-tempat yang disinyalir angker karena keberadaan makhluk ghaib seperti genderuwo, kuntilanak, atau jin, sehingga masyarakat sekitar selalu melakukan ritual untuk meminimalisir gangguan dari makhluk tersebut. Ritual ini sering dilaksanakan pada malam keramat yaitu jum’at. Alasan malam jumat dianggap keramat karena menurut beberapa pemangku adat malam itu adalah malam keluarnya semua makhluk ghaib. Berikut beberapa tempat yang diangggap didiami makhluk ghaib dan memiliki nilai magis yang kuat:

- Pantai Parangtritis
Pantai ini terletak di Jogjakarta dan mempunyai objek wisata yang terkenal. Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, pantai Parangtritis juga terkenal dengan upacara atau ritualnya. Ritual ini di peruntukkan untuk meminta keselamatan dan kemakmuran kepada penguasa ratu pantai selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Upacara ini dilaksanakan pada malam jum’at kliwon dengan melarutkan sesajen dan berbagai jenis bunga di laut. Pantai Parangtritis akan ditutup bagi pengunjung selama ritual ini berlangsung.

- Taman wisata Guci
Taman wisata Guci terletak di Tegal. Daerah ini terkenal dengan produksi teh poci dan wisata Gucinya. Tempat wisata ini akan semakin ramai ketika malam jum’at kliwon karena konon katanya pada malam ini seorang sunan telah mengalirkan air hangat tanpa mengandung dari tempat ini. Sehingga para wisatawan berdatangan pada malam jum’at bertujuan agar memperoleh berkah dengan berendam di air hangat tersebut.

Itulah beberapa mitos seputar malam yang dikeramatkan yaitu malam jum’at. Didalam Al-Qur’an dan Haditd telah di sebutkan keutamaan dan amalan yang dapat menguak kebenaran mengenai malam jumat. Keutamaan dan amalan-amalan tersebut adalah:

1. Keutamaan hari jum’at menurut Hadits Nabi
Ada beberapa keutamaan hari jum’at, diantaranya adalah:

  • Hari jum’at merupakan hari paling utama di dunia karena hari tersebut merupakan hari dimana Nabi Adam telah di ciptakan dan hari terjadinya kiamat serta merupakan hari kebangkitan manusia dari kuburnya.
  • Hari jum’at adalah hari bagi kaum muslim karena pada hari tersebut seluruh umat muslim khususnya laki-laki di wajibkan untuk menunaikan ibadah sholat jum’at.
  • Hari jum’at merupakan hari yang baik untuk berdoa.


2. Amalan-amalan pada hari jum’at, diantaranya adalah:

  • Perbanyak membaca sholawat
  • Membersihkan diri/mandi
  • Memakai pakain bagus dan menggunakan wewangian
  • Bersiwak
  • Menyegerakan pergi ke masjid
  • Pergi ke masjid dengan berjalan kaki
  • Membaca surat Al-Kahfi

Itulah beberapa mitos yang beredar di masyarakat seputar malam jum’at sehingga malam jumat jadi sangat keramat karena hal ini.

No comments:

Post a Comment