Friday 24 July 2015

Inilah Daur Ulang Dengan 7 Jenis Sampah di DAPUR

Seberapa sering kita membuang sampah tiap harinya? Entah itu sampah organik atau pun anorganiknya. Perlu anda ketahui misal dari sampah dapurmu bisa jadi berkah menghasilkan manfaat lebih yang berguna bagimu sendiri. Sampah dapur ini tak melulu harus dibuat pupuk, dimanfaatkan untuk yang lain atau ditanam kembali juga bisa kok. Nah, penasaran bagaimana caranya? simak cuplikannya dilansir Hipwee.

Bonggol Sawi 

Bonggol Sawi

Pastinya anda tau sawi si sayuran hijau penuh gizi dan manfaat lebih bagi kesehatan. Yang kamu makan pasti daunnya saja. Sedangkan bonggolnya dibuang begitu saja. Padahal, sisa sawi ini bisa ditumbuhkan kembali lho. Caranya mudah kok, sediakan gelas atau mangkok berisi air, lalu celupkan bonggol sawi atau selada ke dalamnya. Nah, agar tak tenggelam dan mudah busuk, pasang tusuk gigi pada 2 atau 4 sisi. Maka tidak lama kemudian, bonggol sawi akan ditumbuhi akar, lalu tumbuh daun baru. Pastikan kamu rajin mengganti air dan menempatnya di ruang terang ya. Dalam 2-4 minggu, sayuran baru tak mustahil bisa dipanen sendiri. Tapi jika kamu tak sabar dan ingin tumbuh cepat, pindahkan saja ke media tanah setelah 2 minggu.

Kulit bawang merah dan bawang putih

Kulit bawang merah dan bawang putih

Kulit bawang merah dan bawang putih seringkali bikin risih. Biasanya kamu akan membuangnya begitu saja. Eits tunggu dulu. Dibalik remah-remah kulit bawang ternyata masih tersimpan nutrien berupa vitamin dan mineral. Bahkan di dalam kulit bawang merah masih terkandung senyawa quercetin yang bisa mencegah penyumbatan darah dan menurunkan gula darah. Sedangkan dalam kulit bawang putih mengandung anti bakteri. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai tambahan bumbu saat memasak daging, bikin sop, atau membuat telur asin. Selain mengurangi sampah, cita rasa masakan juga lebih sedap.

Cangkang Telur 
Cangkang Telur

Satu lagi sampah dapur yang sering kita remehkan yaitu cangkang telur. Selain kotor sampah ini memang bau amis. Jadi tanpa pikir panjang kamu pasti akan membuangnya begitu saja. Padahal kandungan kalsium pada cangkang telur ini bisa menyuburkan tanah lho. Cukup haluskan cangkang bersama tanah, lalu gunakan sebagai media tanam. Dengan begitu, tanamanmu bisa tumbuh lebih subur dengan tanah yang ternutrisi karena cangkang telur. Praktis ‘kan?

Bonggol Daun Bawang 

Bonggol Daun Bawang

Kamu juga bisa menumbuhkan kembali daun bawang yang tinggal bonggolnya saja. Hanya cukup memasukkanya dalam gelas berisi air, lalu tunggu beberapa hari. Air akan terserap dan bikin daun bawang tumbuh lagi. Dalam 8 hari tak mustahil kamu bisa memasaknya lagi. Uang belanja lebih hemat, sampah dapur juga berkurang.

Mahkota Nanas 

Mahkota Nanas

Kesegaran nanas memang tak bisa disangsikan. Saat sudah dimakan, pasti kamu akan membuang mahkota yang berduri di atasnya. Sebelum membuangnya, gak ada salahnya kamu coba tanam kembali. Caranya sangat mudah terapkan kok. Cukup potong mahkota dengan pisau, lalu celupkan pada gelas yang berisi air. Jika mulai muncul akar dibagian pangkal, pindahkan pada pot yang berisi tanah. Dengan begitu, nanas baru akan tumbuh lagi. Kamu tak perlu membeli nanas lagi.

Ampas Kopi dan teh 

Ampas Kopi dan teh

Menghilangkan Bau Tak Sedap? Sekarang kamu bisa memanfaatkan sampah yang ada di dapurmu, misalnya ampas teh dan ampas kopi. Cukup masukan ampas ke dalam kertas atau plastik yang diberi lubang kecil-kecil. Lalu letakkan di sudut kulkas. Dengan cara ini sampah bisa termanfaatkan, bau tak sedap di kulkas juga segera lenyap.

Wortel Gratis 

Wortel Gratis

Sebagai sumber vitamin A, Wortel memang jadi idola. Namun, biasanya kamu akan menanggalkan bagian pangkal karena terlalu keras. Jangan dulu dibuang, menanamnya kembali justru lebih menguntungkan. Caranya mudah kok. Cukup masukkan potongan pangkal wortel ke dalam piring yang berisi air. Lalu tunggu beberapa hari hingga tumbuh daun. Setelah daun tumbuh agak tinggi, pindahkanlah ke media tanah. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan wortel secara gratis.

No comments:

Post a Comment