Wednesday 28 January 2015

Inilah Alat Pengganti Kerja Jantung

Inilah Alat Pengganti Kerja Jantung
Di tahun 2011, seorang pria bernama Craig Lewis (55) sedang sekarat karena penyakit yang dikenal dengan "amyloidosis", yaitu suatu penyakit yang menyebabkan kegagalan jantung, ginjal, dan hatinya.

Ia memerlukan pertolongan segera karena bahkan alat pacu jantung pun tidak dapat membantu. Dua orang dokter dari Texas Heart Institute mengajukan usul yang tidak biasa, yaitu dengan mengganti jantung pasien dengan peralatan "aliran sinambung" ("continuous flow") yang memungkinkan peredaran darah tanpa memerlukan denyut.

Dr. Billy Cohn dan Dr. Bud Frazier mengeluarkan jantung Craig Lewis dan mereka memasangkan alat yang dimaksud. Dalam sehari sesudahnya, pasien sudah bangun lagi, merasa bugar dan berbincang dengan para dokter itu.

Dr. Cohn adalah seorang ahli bedah kawakan, sekaligus penemu dan peneliti yang meluangkan banyak waktu untuk mengembangkan teknologi untuk mengganti atau memperbaiki jantung manusia.
Bersama dengan Dr. Frazier, mereka mengembangkan alat itu sudah cukup lama dan mengujinya pada 50 ekor anak sapi. Mereka mengeluarkan jantung hewan-hewan itu, menggantinya dengan peralatan buatan mereka, dan keesokan harinya hewan-hewan itu sudah kembali berkegiatan seperti biasa: makan, tidur dan berkeliaran, walaupun sekarang sudah tanpa jantung sebagai pengedar darah dalam tubuh mereka.

No comments:

Post a Comment