Wednesday 8 October 2014

Inilah Mengapa Kucing Mengubur Kotorannya

Inilah Mengapa Kucing Mengubur Kotorannya
Salah satu perilaku unik yang dimiliki seekor kucing adalah mereka akan selalu mengubur kotoran mereka sendiri. Jika anda pikir mereka melakukan hal itu karena mereka cinta kebersihan, anda salah besar. Simaklah beberapa fakta menarik mengenai kebiasaan kucing yang satu ini!

Di dalam kotoran dan air kencing kucing terdapat suatu zat yang disebut feromon yang memiliki intensitas bau yang berbeda-beda setiap kucingnya yang akan menunjukkan kucing yang mana yang memiliki kotoran tersebut. Kucing menguburnya dengan tujuan untuk menandai wilayah mereka. Kecuali kucing - kucing besar (Panthera) seperti Singa, Jaguar, Macan dll.

Untuk kucing liar yang berada di hutan, mereka mengubur kotoran mereka agar kucing - kucing besar seperti harimau, jaguar, singa dll, tidak merasa tertantang. Mereka juga melakukan hal ini dengan tujuan untuk menjaga anak-anak mereka dari pemangsa.

Namun entah mengapa kucing hutan saya, tidak memiliki kebiasaan mengubur kotorannya sendiri. Saya sendiri belum bisa memastikan penyebabnya, apakah karena memang kebiasaan kucing hutan/ blacan memang seperti itu, atau karena dia tidak menganggap saya sebagai "predator" yang berkuasa di rumah saya yang perlu dia takuti.

Padahal selayaknya kucing yang tinggal bersama manusia atau kucing rumahan, biasanya akan tetap melakukan kebiasaannya mengubur kotorannya untuk menandai wilayahnya dan agar tidak membuat kucing besar yang berkuasa ( kita ) merasa tertantang.

No comments:

Post a Comment