Wednesday 15 October 2014

Inilah Bedanya Tiger, Jaguar, Panther, Puma, Leopard, dan Cheetah

Inilah Bedanya Tiger, Jaguar, Panther, Puma, Leopard, dan Cheetah

Semua hewan di atas termasuk dalam keluarga/famili felidae (kucing) dan dibedakan oleh subfamili maupun genus dan spesies yang meliputi ciri-ciri fisik dan karakteristiknya.


1. Tiger
Tiger

Biasa disebut juga harimau/ macan. merupakan salah satu dari keluarga kucing dengan genus panthera dan spesies Panthera tigris . Termasuk dan terbesar dari 4 anggota kucing besar (big cats family) dari genus panthera (tiger, singa, jaguar, leopard). Ada bermacam-macam sub-spesies dari jenis harimau. tersebar mulai dari eropa sampai asia. Contohnya Harimau siberia (Rusia), harimau benggala (India), harimau Asia (Jawa dan Bali) dan harimau Afrika.
Ciri-ciri fisik adalah terdapat bulu putih di area wajah, ukuran tubuh terbesar dan terberat dari semua keluarga kucing, warna tubuh coklat atau putih dengan garis (strips) warna coklat gelap sampai kehitaman menyelimuti tubuhnya. strips ini unik pada tiap harimau dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi tiap-tiap harimau walaupun bukan merupakan metode yang paling tepat.

2. Jaguar, leopard, Panther

Jaguar, leopard, Panther

Ketiga hewan di atas bagian dari keluarga kucing (felidae) dengan genus panthera dan spesies berbeda.
Jaguar (spesies panthera onca) merupakan salah satu dari keluarga kucing besar (big cats) terbesar ke-3 setelah harimau dan singa. Berasal dan ditemukan di benua Amerika.
Ciri-ciri fisik adalah warna coklat pada tubuh dengan bentuk serupa mawar (rosette) yg terdiri dari bintik (dots) di seluruh tubuhnya. Bila dilihat dari jauh serupa dengan bintik atau tutul. Warna bintik mulai dari coklat gelap hingga hitam. Memiliki kemampuan memanjat pohon sambil membawa mangsanya. Ada beberapa kondisi melanism di antara hewan ini (pigmen gelap yang berlebih). Kondisi yang akhirnya membuat warna gelap / hitam terjadi pada beberapa jaguar dan disebut black panther.

leopard (panthera pardus) memiliki ciri-ciri fisik hampir sama dengan jaguar. Ukuran tubuh lebih kecil dan terkecil dari anggota big cat family. Warna tubuh coklat dengan bentuk serupa mawar (rosette) warna coklat gelap hingga hitam dengan ukuran bintik lebih kecil dari jaguar. Tersebar dari afrika hingga asia. Kondisi melanism juga terjadi pada leopard dan disebut panther.
Jadi istilah panther digunakan untuk menyebut jaguar atau leopard yang berwarna hitam.

3. Puma

Puma

disebut juga macan gunung karena biasa hidup di pegunungan. Warna tubuh coklat polos tanpa ada garis atau bintik di tubuh (seperti singa). termasuk keluarga kucing (felidae) dengan genus berbeda yaitu genus puma dan spesies P. concolor. dapat ditemukan di Amerika. Tidak termasuk dari keluarga kucing besar (big cats family). Tidak dapat mengaum seperti layaknya genus panthera.Ukuran kepala bundar dan tubuh kurang berotot dibandingkan genus panthera

4. Cheetah

Cheetah

dapat ditemukan di Afrika, cheetah memiliki ciri-ciri fisik yang hampir sama dengan leopard. termasuk keluarga felidae namun cheetah memiliki genus berbeda yaitu Acynonix, dan tidak termasuk dari big cats family. Ciri-ciri fisik yaitu warna coklat dengan bintik hitam di sekujur tubuh. Ukuran kepala kecil. Ciri-ciri lain adalah adanya garis hitam mulai dari bawah mata dalam turun sejajar hidung sampai rahang (seperti aliran air mata).
keunikan cheetah adalah kemampuan berlari yang luar biasa. Cheetah mampu berlari cepat dan tercatat dalam guiness book record sebagai hewan darat tercepat. bentuk tubuh kecil, langsing dengan bagian perut mengecil mendukung kemampuan berlarinya. namun kemampuan berlari cepat cheetah tdk bertahan lama / jarak jauh dan hanya digunakan untuk mengejar mangsa saja (disebut juga sprinter).

3 comments:

  1. Panther, puma, Tiger, cheetah, leopard, jaguar,

    ReplyDelete

  2. Ice age
    Ice age 2
    Ice age 3
    Madagascar
    Madagascar 2
    Madagascar 3
    The lion king
    The lion king 2
    The lion king 1 1/2
    the Princess and the frog
    The frog and the elephnat
    Animals united
    Patati e Billy


    ReplyDelete