Tuesday 7 October 2014

Iberian Lynx, Salah Satu Hewan Terlangka

Iberian Lynx, Salah Satu Hewan Terlangka

Lynx Iberia, Lynx pardinus, adalah spesies yang terancam punah asli Semenanjung Iberia di Eropa Selatan. Hewan ini adalah salah satu spesies kucing paling terancam punah di dunia. Menurut kelompok konservasi SOS Lynx, jika spesies ini mati, itu akan menjadi salah satu dari kepunahan beberapa kucing Smilodon sejak 10.000 tahun yang lalu. Para spesies yang digunakan harus diklasifikasikan sebagai subspesies dari lynx Eurasia, tetapi sekarang dianggap sebagai spesies terpisah. Kedua spesies ini awalnya hidup bersama-sama di pusat Eropa pada zaman Pleistosen, yang dipisahkan oleh pilihan habitat. Lynx Iberia diyakini telah berevolusi dari Lynx issiodorensis.


Dalam banyak hal, lynx Iberia menyerupai spesies lynx yang lain, dimulai dari ekor pendek, telinga berumbai dan bulu di bawah dagu. Sementara Lynx Eurasia memiliki tanda pucat, lynx Iberia memiliki khas, bintik-bintik seperti macan tutul dengan mantel abu-abu terang atau berbagai nuansa cahaya kuning kecoklatan. Rambut juga terasa lebih singkat daripada di lynxes lain, yang biasanya disesuaikan dengan lingkungan dingin. Beberapa populasi barat bersih tanpa noda, meskipun baru-baru ini menjadi punah.

Panjang kepala dan tubuh 85-110 cm (33 sampai 43), dengan ekor pendek 12 sampai 30 sentimeter tambahan (4,7-12 dalam); ketinggian bahu 60 sampai 70 cm (24 menjadi 28 pada). Laki-laki lebih besar dari betina, dengan berat rata-rata laki-laki 12,9 kilogram (28 lb) dan maksimum 26,8 kilogram (59 pon), dibandingkan dengan rata-rata 9,4 kilogram (21 lb) untuk wanita, ini sekitar setengah ukuran lynx Eurasia.

Ciri-ciri perilaku lynx umumnya mirip dengan macan tutul. Lynx biasanya hidup sendirian, meskipun sekelompok kecil lynx ada kalanya melakukan perjalanan dan berburu bersama-sama. Perkawinan terjadi pada akhir musim dingin. Tempat istirahat yang mereka sukai adalah lubang-lubang kecil atau di bawah dinding batu yang mencuat keluar. Setahun sekali lynx melahirkan antara 2 hingga 4 ekor anak. Mereka hidup dengan memangsa binatang-binatang yang besarnya hingga Reindeer, Roe Deer dan Chamois, namun yang lebih sering adalah burung-burung, mamalia kecil, ikan, kambing dan domba.

Lynx pernah terlihat (2006) di daerah Pegunungan Wet di Colorado. Namun, melihat lynx sendiri adalah peristiwa yang sangat jarang, karena binatang ini sangat pemalu dan hidup sendirian. Hidupnya penuh rahasia dan biasanya menghindari manusia. Lynx dilaporkan pernah menyerang manusia, namun hal itu sangat jarang terjadi, dan hampir selalu dalam upaya membela diri.

No comments:

Post a Comment