Wednesday 21 May 2014

Fly Geyser, pancuran air panas unik berwarna pelangi

Gambar di atas mungkin tampak asing dan aneh bagi Anda. Ini adalah gambar dari Fly Ranch Geyser atau lebih dikenal dengan nama Fly Geyser. Objek unik berwarna pelangi ini adalah sebuah geyser geothermal (pancuran sumber air panas) yang terletak di Washoe County, Nevada. Lokasinya berjarak kira-kira 32 kilometer dari Gerlach.

Menurut All That Is Interesting, Fly Geyser adalah salah satu objek wisata alam paling menakjubkan di Nevada, meskipun tampaknya masih banyak penduduk setempat yang belum mengetahui keberadaannya. Tingginya hanya 1,5 meter, tetapi jika diukur beserta gundukan tanah yang ada di bawahnya air mancur panas ini memiliki tinggi total 3,7 meter.

Fly Geyser sebenarnya bukan fenomena alam yang terbentuk secara alami. Awalnya geyser ini merupakan sumur yang sengaja digali pada tahun 1964 untuk mengeksplorasi sumber energi geothermal. Ketika sumur tersebut harus ditutup kembali, tampaknya upaya penutupan tersebut tidak berjalan dengan baik. Sumur itu mulai menyemburkan mineral terus-menerus. Mineral tersebut menumpuk di sekitar geyser dan akhirnya mengendap menjadi gundukan travertin yang terus berkembang.

Photo by 500px

Lama-kelamaan geiser tersebut mulai memancarkan air. Semburannya bisa mencapai 1,5 meter. Tanah di sekitar geyser tersebut membentuk terasering. Ada sekitar 30 sampai 40 terasering yang terisi air dari geyser, hingga berubah menjadi puluhan kolam kecil yang mengelilingi Fly Geyser.

Berkat kandungan mineral yang tinggi dan beraneka ragam, akhirnya Fly Geyser menjadi tempat berkembang biak sejumlah ganggang yang tubuhnya mengeluarkan pigem-pigmen warna. Ganggang-gangang itulah yang menimbulkan warna merah, kuning, hijau, dan oranye pada tumpukan bukit artifisial Fly Geyser.



Photo by Community Klipsch

Fly Geyser berada dalam wilayah Fly Ranch yang ada di Dataran Hualapai. Wilayah tersebut merupakan properti milik pribadi Todd Jacksick. Di sekelilingnya dipasang pagar tinggi berduri dan gerbang yang terkunci untuk mencegah pengunjung masuk tanpa izin. Jadi pada dasarnya tempat ini tertutup untuk umum. Tetapi karena kepopulerannya di internet, akhirnya banyak wisatawan yang sengaja datang ke Fly Ranch untuk melihat sendiri geyser berwarna pelangi ini.



Photo by ZME Science

Dengan seizin pihak pemilik, siapa pun bisa memasuki kawasan Fly Ranch dan menyaksikan sendiri keunikan Fly Geyser. Beberapa pengunjung mengaku dikenakan tarif sebesar 50 dolar untuk dapat memasuki wilayah Fly Ranch Geyser. Cukup mahal untuk satu objek wisata saja. Tanpa izin khusus dari pemilik properti, pengunjung hanya bisa menyaksikan keindahan fly geyser dari jalan yang berjarak cukup jauh.

sumber

No comments:

Post a Comment