Saturday 1 March 2014

Misteri Lubang Neraka di Turkmenistan

Sepintas Anda mungkin mengira pemandangan ini merupakan salah satu bagian dalam sebuah film fiksi ilmiah. Tapi lubang api raksasa ini bukan tercipta dari serangan benda luar angkasa, melainkan akibat kesalahan manusia.

'Pintu Neraka' demikian para penduduk sekitar menyebutnya, merupakan sebuah kawah api yang terletak di jantung gurun Karakum, dekat desa Derweze, Turkmenistan.

Kawah api tersebut tercipta akibat kesalahan yang dilakukan oleh para pakar geologis dari Uni Soviet 40 tahun silam, atau lebih tepatnya tahun 1971. Dahulu di masa jayanya, sebelum Turkmenistan merdeka, para ilmuwan Soviet melakukan pengeboran di lokasi tersebut. Mereka menemukan puluhan situs gua yang sangat kaya akan gas alam.

Sayangnya kecelakaan terjadi, disaat pengeboran berlangsung, tanah yang ada disekitar situs pengeboran runtuh, meninggalkan lubang lebar dengan diameter sekitar 70 meter.

Takut gas yang ada meledak dan membahayakan nyawa orang, pihak Soviet kemudian membakar tempat tersebut dengan harapan gas alami-nya akan habis dalam waktu beberapa hari. Namun prediksi mereka meleset, dan faktanya hingga saat ini, kawah tersebut masih tetap membara.

Anehnya, api terus menyala bahkan saat hujan sekalipun. Api ini tidak pernah padam selama hampir 37 tahun! Bau belerangnya bahkan cukup kuat saat mendekati kawasan ini. Walaupun begitu, “lubang neraka” Turkmenistan menjadi obyek wisata mengasyikan, terutama jika dikunjungi malam hari karena cahanya dapat dilihat sampai beberapa mil jauhnya.








No comments:

Post a Comment