Wednesday 9 October 2013

Negara-negara dengan Visa Terbaik dan Terburuk

Peraturan pemberian visa berbagai negara di dunia diketahui berbeda-beda. Ada yang sulit, ada pula yang gampang. Ada pula negara yang bikin jengkel karena seseorang harus membuang banyak waktu, tenaga, dan uang hanya untuk mendapat visa sebelum berkunjung ke negara tersebut.

Sebuah lembaga konsultan global di bidang perencanaan kewarganegaraan global, Henley and Partners, menyusun negara-negara yang dianggap paling buruk untuk melakukan perjalanan internasional. Mereka menganalisis regulasi visa semua negara dan teritori di seluruh dunia dan merankingnya berdasarkan kebebasan bepergian untuk warga negaranya.

Hasilnya menunjukkan, negara paling buruk dalam urusan visa adalah Afganistan. Rakyat Afganistan hanya bisa mengunjungi 28 negara di seluruh dunia tanpa memerlukan visa. Selanjutnya adalah Irak (warganya hanya bisa mengunjungi 31 negara tanpa visa), Somalia dan Pakistan (32 negara) dan Teritori Palestina (36 negara)
Sementara, negara-negara Eropa berada pada ranking yang tinggi. Finlandia, Swedia, dan Inggris Raya menempati posisi teratas dimana rakyat mereka bisa bepergian ke 173 negara hanya menggunakan paspor mereka.

"Dalam dunia global hari ini, batasan visa memainkan peran penting dalam mengontrol pergerakan warga negara asing di perbatasan," kata juru bicara Henley and Partners seperti dikutip News.com.au, Jumat, 4 Oktober 2013.

"Hampir semua negara kini menyaratkan visa dari warga negara asing tertentu yang ingin masuk ke teritori mereka. Persyaratan visa juga mengekspresikan hubungan antara negara tersebut. Secara umum ini juga mencerminkan relasi dan status negara itu dalam komunitas negara-negara internasional," kata Henley and Partners.

Berikut adalah 10 negara dengan paspor terbaik, yaitu Finland, Swedia, Inggris Raya (masing-masing warga negaranya bisa bepergian ke 173 negara tanpa visa), Denmark, Jerman, Luxemburg, Amerika (masing-masing bisa bepergian ke 172 negara), Belgia, Italia, Belanda (masing-masing bisa bepergian ke 171 negara).

Sementara 10 negara dengan paspor terburuk adalah Afganistan (23 negara), Irak (31 negara), Somalia (32 negara), Pakistan (32 negara), Teritori Palestina (36 negara), Eritrea (36 negara), Nepal (37 negara), Sudan (38 negara), Sri Lanka, dan Lebanon (masing-masing 38 negara).

sumber

No comments:

Post a Comment