Wednesday 25 September 2013

CPNS 2013: Daftar Online Kementerian Pertanian

Pengumuman penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 di Kementerian Pertanian (Kementan) masih belum ada informasi resmi kapan tepatnya pendaftaran online akan dimulai. Para calon pelamar diminta untuk terus memantau situs pendaftaran online Kementan di http://cpns.deptan.go.id.

Hingga saat informasi ini ditulis, laman http://cpns.deptan.go.id belum memajang waktu pendaftaran online dalam penerimaan CPNS 2013 di lingkungan Kementan.

Berikut ini adalah  agenda pelaksanaan kegiatan Penerimaan CPNS Kementan Tahun Anggaran 2013 yang sewaktu-waktu dapat berubah, seperti dipajang http://cpns.deptan.go.id.

  • 15 s/d 30 September 2013: Pengumuman Pengadaan CPNS Kementan Tahun  Formasi Tahun Anggaran 2013 Tanggal 15 September Pukul 20.00 WIB s/d 30 September 2013 
  • PM (Belum ditentukan): Pendaftaran online akan diumumkan kemudian 
  • PM: Pengumuman database pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat setelah divalidasi dan diverifikasi yang selanjutnya di gunakan untuk proses pengesahan kartu tes PM : Cetak kartu test 
  • PM : Pengumuman lokasi pengesahan kartu tes dan tempat tes CPNS Kementan T.A. 2013. PM : Waktu dan tempat verifikasi dokumen pelamar dan pengesahan kartu tes. 
  • PM : Pelaksanaan Ujian TKD CPNS Kementan T.A. 2013. 
  • Minggu I November 2013: Pengumuman TKD Hasil CAT CPNS Kementan Tahun  T.A. 2013 oleh Panselnas 
  • Minggu II dan III November 2013: Pelaksanaan ujian TKB (ujian tertulis dan wawancara) CPNS Kementan T.A. 2013 
  • Minggu IV November 2013: Pengumuman hasil ujian TKB (ujian tertulis dan wawancara) CPNS Kementan T.A. 2013 
  • Minggu I Desember 2013: Penyampaian hasil ujian TKB dan wawancara CPNS Kementan T.A. 2013 ke Panselnas 
  • Minggu II Desember 2013: Pengumuman kelulusan hasil ujian seleksi CPNS Kementan T.A. 2013 ke Panselnas 


Kementerian Pertanian membuka penerimaan CPNS 2013 guna mengisi lowongan formasi untuk ditempatkan di Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementan di seluruh Indonesia di http://cpns.deptan.go.id. Berikut ketentuan pendaftaran dalam penerimaan CPNS 2013 di Kementan:

KETENTUAN PENDAFTARAN :

  • Pendaftaran Pelamar dilakukan melalui website Kementerian Pertanian di http://cpns.deptan.go.id 
  • Periode pendaftaran secara online akan diumumkan kemudian,  (pelamar agar selalu memonitor agenda kegiatan).
  • Panitia Pengadaan tidak menerima surat lamaran yang diantar langsung. 
  • Bagi pelamar yang telah melakukan pendaftaran online dan telah mengisi  data dengan lengkap, pelamar mengunggah dokumen sebagai berikut :  KTP, Ijazah, Transkrip nilai (Scan menjadi 1 file PDF). 
  • KTP, Ijazah dan Transkrip nilai yang telah diunggah dan diterima Panitia  melalui pendaftaran online menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta  kembali oleh Pelamar. 
  • Seluruh data pelamar yang masuk akan diseleksi secara langsung melalui  proses validasi dan verifikasi database pelamar oleh panitia, apabila ditemukan ketidakcocokan data dengan dokumen yang diunggah, maka secara langsung pelamar tidak dapat mengikuti proses selanjutnya. 
  • Hasil validasi dan verifikasi database pelamar dapat dilihat pada website resmi Kementerian Pertanian 3 (tiga) hari setelah pelamar mengunggah file PDF (pelamar agar selalu memantau agenda kegiatan). 
  • Pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat harus segera mencetak kartu tes (fasilitas cetak kartu tes hanya dapat digunakan 1 (satu) kali, paling lambat 3 hari setelah pendaftaran online ditutup). 
  • Bagi pelamar yang telah mencetak kartu test selanjutnya menempelkan pas foto terakhir (berwarna) ukuran 3 x 4 cm pada tempat yang telah disediakan pada Kartu Tes yang menjadi satu halaman dengan surat pernyataan dan dicetak sebanyak 2 (dua) rangkap (kedua-duanya harus pas photo asli), kemudian surat pernyataan harus ditandatangani basah oleh pelamar bermaterai Rp. 6000,-.
  • NOMOR TEST DAN KARTU TES beserta SURAT PERNYATAAN yang dimiliki pelamar dinyatakan berlaku secara syah setelah mendapat pengesahan oleh PANITIA PENGADAAN CPNS KEMTAN T.A. 2013 di LOKASI TES (untuk waktu dan tempat pengesahan kartu tes pelamar agar selalu memantau agenda kegiatan). 
  • KESALAHAN/KELALAIAN MENGIKUTI PROSEDUR yang ditetapkan dalam melakukan pengisian formulir lamaran dan berakibat merugikan secara langsung maupun tidak langsung pada pelamar MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PELAMAR.


sumber

1 comment:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete