Thursday 11 July 2013

SUV Jaguar

Angan-angan Jaguar punya SUV selama satu dekade silam, segera menjadi kenyataan. Sumber internal produsen Inggris itu kepada Auto Express memberikan gambaran desain dan diterjemahkan sangat brilian sebagai rendering. Rencananya, model yang mungkin diberi nama Q-Type atau XQ ini, akan diperkenalkan dan dijual pada 2015.

Lupakan desain gagah dan boxy khas Land Rover (merek ini juga menyiapkan ”baby” SUV), Jaguar lebih memilih model yang simpel dan elegan. Sekilas tampangnya perpaduan antara garis sedan mewah (rendah) di depan dan tongkrongan SUV (tinggi) di belakang.

Ciri khas Jaguar, gril oval dan besar, dipadu dengan kap datar dan bemper sporty. Nuansa gagah dan elegan semakin terasa di belakang dengan overhang pendek dan pilar C yang dihitamkan. Lampu belakang yang tinggi, mirip dengan F-Type.

Mengikuti tren masa kini, SUV ini dirancang dengan ukuran kompa. Jika menetas, nanti akan bertarung melawan BMW X3 atau Audi Q5. Seperti XJ, platform aluminium tetap dipertahankan untuk menurunkan berat sekaligus menghemat ongkos produksi. Tampaknya model ini juga akan diberi fitur fuel-saving electric power steering, seperti yang dikembangkan pada supercar C-X75.

Untuk mesin, kemungkinan antara 2.000cc Si4 turbo atau 2.200cc SD4 diesel, sama seperti Evogue. Kendati demikian, kedua jantung pacu itu akan dikembangkan menjadi lebih irit dan bertenaga. Untuk menyalurkan tenaga ke roda, digunakan transmisi delapan percepatan ZF otomatik.

Untuk versi paling top,  disiapkan mesin 3.000cc supercharged V6 hybrid. Jaguar benar-benar kepincut memasarkan SUV karena saudaranya, Land Rover kini semakin sukses!

Sumber

No comments:

Post a Comment