Monday 1 July 2013

Review: Samsung Galaxy S4 Zoom


Tahun lalu, Samsung menarik Samsung Galaxy Camera, sebuah smartphone Android dengan kamera kompak hybrid yang memiliki semua fitur dari perangkat mobile modern - email, Twitter, Facebook, aplikasi, web browser, software photo editing, berbagi dalam satu sentuhan dan seterusnya - kecuali satu kelalaian utamanya: panggilan suara.

Beberapa bulan selanjutnya, perusahaan Korea itu telah memperbaiki masalah tersebut dalam kamera /ponsel terbaru, yakni Samsung Galaxy S4 Zoom.



Seperti halnya Galaxy Camera yang dirilis sebelumnya, Samsung Galaxy S4 Zoom merupakan perangkat bertenaga Android yang menggabungkan fitur terbaik dari dunia kamera ponsel dan kompak. Bedanya, kali ini perangkat tersebut tidak tampil dengan tubuh bongsor, namun jauh lebih menyerupai smartphone dibandingkan tablet berkat fitur panggilan suaranya.

Yang paling menarik dari S4 Zoom adalah, smartphone tersebut hadir dengan layar 4,3 inci dengan sempurna, sementara itu lensa 10x optical zoom tersemat di bagian belakangnya.




Lensa 10x zoom didukung dengan BSI CMOS Sensor 16-megapixel, optical image stabilization, sudut pengambilan gambar 24-240mm dan Xenon flash.

Jangan salah, ini adalah kamera kompak yang tepat dengan limpahan perangkat keras berteknologi sangat tinggi. Bahkan ada kamera 1,9 megapiksel di bagian depan untuk melakukan video calling.



Bisa katakan bahwa Galaxy S4 Zoom tidak sebongsor pendahulunya. Dimensi sebenarnya dari smartphone ini adalah 125,5 x 63,5 x 15.4mm dan beratnya hanya sekitar 200g.

Smartphone ini benar-benar terasa jauh lebih kompak dibandingkan Galaxy Camera saat digenggam, di era superphone terus berkembang, maka Anda tidak perlu merasa kesulitan saat memasukkan S4 Zoom ke dalam saku.

Perangkat keras yang tersemat pada smartphone ini meungkin tampak seperti sebuah benjolan, S4 Zoom kini hadir dengan prosesor dual core  1,5GHz, RAM 1,5GB dan ada storage berkapasitas 8GB (yang, penggunanya bisa mendapatkan akses sekitar 5GB). Anda dapat menggunakan cadangan untuk storage ini dengan microSD.


Dalam hal perangkat lunak, Samsung Galaxy S4 Zoom menggunakan Android Jelly Bean versi terbaru.


S4 Zoom menggunakan layar Super AMOLED 4,3 inci 960 x 540. Tentu, resolusi tersebut  tidak sama dengan smartphone high-end terbaru lainnya, namun kami bisa menebak bahwa layar tersebut lebih baik daripada yang ada pada kamera kompak Anda saat ini.



Jelas bahwa S4 Zoom merupakan perangkat Android, Anda dapat mengunduh aplikasi apapun yang Anda inginkan dari Google Play, namun S4 Zoom juga merupakan perangkat Samsung, Anda juga akan menemukan sejumlah aplikasi pre-loaded yang dianggap pihak produsen sangat penting untuk smartphone Anda.

Namun, daripada menyertakan bloatware yang tidak perlu, Galaxy S4 Zoom hadir dengan berbagai aplikasi fotografi untuk benar-benar mendapatkan hasil maksimal dari gambar digital. Aplikasi tersebut dikelompokkan dalam sebuah bagian yang disebut Camera Studio dan terbagi atas Paper Artist, Photo Suggest, Story Album dan Video editor.



Tidak seperti smartphone Android standar (atau sebuah smartphone Android yang dilengkapi dengan UI kustom ala TouchWiz Samsung) perangkat lunak fotografi membuat aplikasi kamera menjadi sangat luas.

Ada 25 mode panorama yang ditawarkan, serta sejumlah konfigurasi pengguna untuk penggemar fotografi, sehingga membuat S4 Zoom diklaim sebagai smartphone yang sangat menyerupai kamera daripada smartphone di pasaran.

Bahkan ada mode saran yang muncul secara otomatis berdasarkan lokasi Anda dan penginderaan yang dirasakan S4 dari lingkungan Anda.


Cincin zoom juga merupakan fitur rapi yang bisa dinikmati para penggemar fotografi. Meski mekanisme perbesaran gambar saat mengambil foto bisa dibilang standar, ketika S4 Zoom dalam posisi idle, smartphone ini menawarkan pengguna lompatan cepat ke dalam opsi kamera. Sebuah putaran cepat dan Anda dapat masuk ke dalam setiap aspek dari fungsi kamera yang Anda sukai.




Dalam merekam video, Anda bisa mendapat Full HD - 1080p di 30 frame per detik.

Dan Anda mungkin dapat berbagi rekaman video HD saat bepergian, karena S4 Zoom mampu menampung sinyal 3G dan 4G. Smartphone ini juga memiliki Bluetooth, konektivitas Wi-Fi dan NFC, serta A-GPS untuk menandai lokasi dan aplikasi navigasi.


Sama seperti S4 Zoom putih yang di uji untuk mendapat tinjauan, Samsung Galaxy S4 Zoom juga akan tersedia dalam rangka yang lebih gelap











Samsung Galaxy S4 Zoom kemungkinan dijual Juli mendatang, namun belum ada kabar berapa harganya.

sumber






No comments:

Post a Comment