Monday 15 July 2013

Cacing Ini Tidak Hilang Ingatan walaupun Kepalanya Dipenggal

Cacing planaria ternyata luar biasa. Spesies ini tidak mati walaupun kepalanya dipenggal. Bahkan, kepalanya bisa tumbuh lagi dan ingatannya pun tidak hilang.

Ilmuwan Tufts University, Tal Shomrat dan Michael Levin, mengetahui fakta tersebiut setelah melakukan eksperimen dan memublikasikan hasilnya di edisi terbaru Journal of Experimental Biology.

Dalam eksperimen, ilmuwan menggunakan cacing planaria sepanjang 1 sentimeter. Mereka melatih cacing untuk menemukan makanan yang tersembunyi di cawan petri.

Untuk membantu cacing itu, ilmuwan menyinari makanan yang tersembunyi. Cacing planaria diketahui mampu mengetahui lokasi dengan dua bintik mata yang peka terhadap cahaya.

Dalam eksperimen, cacing planaria bisa menemukan makanan tersebut. Artinya, mereka sudah terlatih. Sistem saraf pusatnya memiliki memori tentang proses menangkap makanan.

Ketika cacing planaria sudah terlatih, ilmuwan memenggal kepalanya, kemudian ilmuwan membiarkan organ vital tersebut tumbuh lagi.

Setelah beberapa minggu, kepala cacing yang dipenggal tersebut tumbuh lagi. Ilmuwan pun mengulang eksperimen yang sebelumnya sudah dilakukan kepada cacing yang dipenggal itu.

Eksperimen menunjukkan, cacing tetap mampu menemukan makanan. Artinya, walaupun kepalanya dipenggal, memori proses mencari makanan yang sebelumnya didapatkan lewat pelatihan tidak hilang.

Memang cacing yang telah dipenggal tak langsung bisa menemukan makanan pada eksperimen pertama. Namun, cuma diperlukan satu kali latihan lagi untuk membuka lagi memori tentang cara mencari makan.

Ilmuwan belum mengetahui bagaimana cacing tersebut bisa tetap memiliki memori walaupun kepalanya dipenggal. Salah satu hipotesisnya, memori disimpan di seluruh tubuh.

Sementara, hipotesis kedua, sistem saraf beradaptasi untuk menyesuaikan dengan cahaya saat latihan. Perubahan itu dipertahankan hingga saat kepala dipenggal dan otak baru tumbuh.

Diberitakan Daily Mail, Kamis (11/7/2013), studi ini bermanfaat bagi manusia. Bila pertanyaan mengapa cacing bisa tetap mempertahankan ingatan setelah kepala dipenggal, ilmuwan bisa memperoleh jawaban bagaimana ingatan pada manusia bisa dikembalikan.

sumber

No comments:

Post a Comment