Wednesday 5 December 2012

Dua Syarat Dahlan Tentukan Direksi BUMN


Menteri BUMN Dahlan Iskan memiliki kriteria sendiri untuk menentukan direksi perusahaan BUMN. Syaratnya hanya ada dua. Apa saja?

"Syaratnya untuk menjadi direktur utama perusahaan BUMN hanya dua, integritas dan antusias," kata Dahlan saat ditemui di Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (5/12/2012).

Menurut Dahlan, untuk bisa mengetahui integritas dari calon direksi perusahaan BUMN, dia akan melihat rekam jejak (track record) dari calon tersebut. Caranya ialah dengan menanyai orang terdekatnya hingga bawahannya.

Jika dia baik, karyawan bawahannya juga akan baik. Jika semua baik, perusahaannya juga akan berkembang.

Kedua, antusias. Sifat tersebut meliputi keinginan calon direksi untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Sebab, bila perusahaan stagnan atau malah tidak jalan, tentu saja Dahlan akan menggantinya.

"Jadi, tidak hanya diwawancara 2-3 jam. Soalnya, yang pandai bicara sudah pasti akan terpilih. Tapi, kalau untuk menentukan integritas dan antusias, itu yang susah," katanya.

Dengan dua ketentuan tersebut, Dahlan merasa perusahaan BUMN yang dikelolanya tidak akan melakukan tindakan-tindakan tidak terpuji, khususnya saat ada isu anggota dewan yang melakukan pemerasan ke perusahaan BUMN.

"Rata-rata direksi (direktur utama) BUMN yang baru memiliki integritas yang baik. Untuk yang lama akan dievaluasi," tambahnya.

sumber

No comments:

Post a Comment